Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Haris Nindriansyah, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning of two stay two stray type towards mathematical representation skill of students. The population of this research was all students of eigth grade in Junior High School 3 Natar that were distributed into eight classes. The samples of this research were students of VIII G and VIII H class which were chosen by purposive random sampling technique. This research used posttest only control group design. The data of mathematical representation were obtained by essay test. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test. Based on the research, it was concluded that cooperative learning of two stay two stray had no influence of mathematical representation skill of students.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar yang terdistribusi kedalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data kemampuan representasi matematis diperoleh dari tes uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: pengaruh, representasi matematis, two stay two stray


Full Text:

PDF

References


Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding dipresentasikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA UNY, tanggal 16 Mei 2009. (online).(http://eprints.uny.ac.id/M_Pend_35_ syarifah), diakses 20 Juli 2016.

Fitri, Hasmaynelis. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA dian Andalas Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No.1 (Online) (http:// ejournal.UPP.ac.id/index.php/ mtkfkip/article/view/278), diakses pada 20 Juli 2017.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam pembelajaran Matematika. Prosiding dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, tanggal 5 Desember 2009. (online). (http:// eprints.uny.ac.id /7036/1/ P22-Kartini.pdf), diakses pada Juli 2016.

Kemendikbud. 2015. Hasil Ijian Nasional SMP tahun 2015. (online). (http://www.kemendiknas.go.id/kemendikbud/sites/default/files/HASIL%20UN%20SMP%202015.pdf), diakses pada 20 Juni 2016.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc. (online).(https://www.nctm.org/uploadedFiles/StandardsandPositions /PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 20 juli 2016.

Nurohman, Rahmad Abi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Bandarlampung : Universitas Lampung.

Palestina, Siti Maryam Fadhilah. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Peneltian Pendidikan Volume III, No.5 (Online) (http:// journal.Walisongo.ac.id), diakses pada 20 Juli 2017.

Poernomo, Joko Budi. 2015. Efektifitas model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dengan TSTS terhadap hasil Belajar Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Peneltian Pendidikan Volume 1, No.1 (Online), (http://journal.Walisongo.ac.id/), diakses pada 20 Juli 2017.

Pradhana, V. G. 2013. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA Vol 2 nomor 2. (Online).(http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/3351), diakses pada 15 Agustus 2016.

Rezki, Utari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi. Bandarlampung : Universitas Lampung.

Sasongko, Anggi. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe dengan Concept Mapping pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP SeKebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4, No.6 (Online) (http://media.neliti.com/), diakses pada 20 Juli 2017.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Widihastuti, Erma. 2016. Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Bandarlampung : Universitas Lampung.

Yusuf, A. T. 2012. Pengaruh Penerapan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTS Ibadurrahman Lolo Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Peneltian Pendidikan Vol 2 nomor 3. (Online) (http://ejournals1.stkip-pgri-sumbar.ac.id/), diakses pada 20 Juli 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.