Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Linda Armila, Rini Asnawati, Sugeng Sutiarso

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of Thinking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) in terms of students mathematical problem solving skill. The population of this research was eighth grade students in SMPN 21 Bandar Lampung which was distributed into 11 classes. The samples of this research were students of VIII A and VIII B class which were taken by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest only control group design. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign test. The research concluded that cooperative learning of TAPPS wasnt effective in terms of students mathematical problem solving skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan Uji Tanda Binomial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAPPS tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, TAPPS, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Fauziah, Anna. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Strategi React. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Fraenkel, Jack R. and Wallen, Norman E.. 1993. How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw Himm Inc.

Johnson and Chung. 1992. The Effect of Thinking Aloud Pair Problem solving(TAPPS) on the Troubleshooting Ability Aviation Technician Students. Jurnal of Industrial Teacher Education (Volume37, Number1). (Online). http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v37n1/john.html, diakses 25 Oktober 2016.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

OECD. 2015. PISA 2015 Results in Focus. (Online). https: //www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf, diakses 18 Desember 2016.

Rahmat Aulia. 2015. Efektivitas Guided Discovery Learning ditinjau dari Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Russefendi, E.T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung : IKIP Bandung Press.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online). http:// timms2015.org/timss2015/ mathematics/studentachievement/distributionofmathematics achievement/, diakses 18 Desember 2016.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2013. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (Online). http://p4tkmatematika.org, diakses pada 12 Januari 2017.

Wulandari, Arum Nur. 2013. Pengembangan Karakter dan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS. Jurnal of Mathematics Education (Volume 2 Number 3). (Online). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme, diakses 12 januari 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.