Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Masgusti Dinda Bidari, Rini Asnawati, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning model in terms of students mathematical problem solving skill. The population of this research was students of 8th grade in SMPN 21 Bandarlampung that were distributed into 11 classes. The samples of this research were students of VIII-H and VIII-I class which were chosen by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The data were obtained through mathematical problem solving skill test. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign Test. This research concluded that guided inquiry learning model was not effective in terms of students mathematical problem solving skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 21 Bandarlampung yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-H dan VIII-I yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji tanda binomial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, guided inquiry, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Annurwanda, Pradipta. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dan Team Assited Individualization Pada Materi Garis dan Sudut Ditinjau dari kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri SeKabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Elektronik Pembelajaran Matematika UNS Vol. 3, No. 10 Hal 1151. (Online). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/668, diakses 3 September 2017.

Arifin. 2010. Meningkat Pemahaman Konsep Menghitung Volume Kubus dan Balok Melalui Representasi Enaktif, Ikonik, dan Simbolit Pada Siswa Kelas V A SD Negeri 8 Mandonga Kota Kendari. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo. (Online), (http://digilib.uho.ac.id), diakses 17 November 2016.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.

Fitriningsih, Aprilia. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 2, No. 4. (Online). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/497, diakses 4 September 2017.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1. (Online) http://jurnal.upi.edu/educationist/view/27/pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meningkatkankemampuan-berpikir-matematis-tingkat-tinggisiswa-sekolah-menengah-pertama.html, diakses 3 September 2017.

Muadin, Moh. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Penemuan Terbimbing Disertai Metode Talking Stick Terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/6384/), diakses 18 Juni 2017.

OECD. 2015. PISA 2015 Result in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-in-focus.pdf.), diakses 18 Desember 2016).

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms2015.org/timms-2015/mathematics/student-achievement/distribution-of-mathematics-achivement/.), diakses 19 Desember 2016.

Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guide Inquiry pada Pemebelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff uny.ac.id/20Paidi/UNY.pdf), diakses Jumat 29 November 2016

Rahmat, Aulia. 2015. Efektivitas Guided Inquiry Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/13307, diakses 1 September 2017.

Sholikhah, Winarti, Kurniasih. 2014. Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif UNNES Vol 5, No. 1 Hal 24. (Online). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3273, diakses 3 September 2017.

Wibowo, Tri Hatuti. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Unila Vol 2, No. 3. Hal. 949. Bandarlampung: Universitas Lampung (Online). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/11682, diakses 1 September 2017.

Yuliza, Tri Sulistiani. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMA. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (Online). http://repository.upi.edu/544/, diakses 3 September 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.