Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Self Confidence Siswa

Wisda Isma Fu'aidah, M. Coesamin, Widyastuti Widyastuti

Abstract


The aimed of this research was to find out the influence of contextual approach towards students mathematical conceptual understanding and self confidence. The population of this research was students of grade VIII in SMP Global Madani Bandarlampung which was distributed into 4 classes. The samples of this research were students of VIII.1 and VIII.3 class which were chosen by purposive sampling technique. This research used posttest only control group design. The data were obtained through mathematical conceptual understanding test and self confidence scale. Analysis data used Mann Whitney U test. This research concluded that contextual approach influenced students mathematical conceptual understanding and self confidence.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandarlampung yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.3 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep dan skala self confidence. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pendekatan kontekstual, self confidence


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. dan Widjajanti, D.B. 2013. Pengaruh Pendekatan CTL dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 hal. 171-180, Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.-php/pythagoras), diakses 22 Januari 2017.

Aminah, Neneng. 2014. Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Jurnal Euclid Vol. 1, No. 1, hal. 56. (Online), (http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Euclid/article/view/344), diakses 17 Mei 2017.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Khusniati. 2012. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Program Studi Pendidikan IPA, FMIPA UNNES. (Online), (http://undana.ac.id/jsmallfib_top/Jurnal/Pendidikan/Pendidikan_2012/Pendidikan%20karakter%20melalui%20pembelajaran%20ipa.pdf), diakses 22 Agustus 2017.

Mahendra, I Wayan Eka. 2017. Pro-ject Based Learning Bermuatan Etnomatika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol. 6, No.1, hal 107, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9257/6329), diakses 15 Mei 2017.

Martyanti, Adhetia. 2013. Mengembangkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http:// eprints.uny.ac.id/10726/1/P%20_%203.pdf), diakses 22 Agustus 2017.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Rasyid, Abd. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Poso. E-Jurnal Mitra Sains, Volume 3, Nomor 1, Januari 2015 hlm 61-68. (Online), http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/download/4154/3091.pdf),diakses Maret 2017.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica, (Online), Vol. 02, No. 01, hal 55, (http://online journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/viewFile/604/538), diakses 25 Oktober 2016.

TIMMS. 2015. TIMMS 2015 International Mathematics Report. Timms & Pirls International Study Center: United States.

Widyaningrum, A.Z., Suyadi, G. dan Nurhanurawati. 2013. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1, FKIP Universitas Lampung. Tersedia:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/393. diakses 22 Januari 2017.

Zulkardi. 2003. Realistic Mathematics Education (RME) atau Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). (Makalah Semiloka Nasional 20-21 Agustus 2003), Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.