Pengembangan LKPD dalam Pembelajaran Kooperatif Group to Group Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Abstract
This study aimed to develop a valid, practical, and effective LKPD Worksheet to improve students' mathematical communication skills. The learner's worksheet was developed to support cooperative learning group to group exchange. This research adopted the research flow of Borg & Gall development, but in its implementation only comes to seventh step that was revising the result of the test. Subjects in this study were students XI IPA 4 and XI IPA 2 class, even semester SMAN 1 Padangcermin in academic year of 2016/2017 lesson year as an experimental class and control class. The results showed that the developed student worksheet has a valid validity level. The learner worksheets developed also help the learners to more easily improve the mathematical communication skills and has a practical level of practicality. Based on the research and discussion, the worksheets of learners developed were valid, practical and effective to improve students' mathematical communication skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Lembar kerja peserta didik tersebut dikembangkan untuk menunjang pembelajaran kooperatif group to group exchange. Penelitian ini mengikuti alur penelitian pengembangan Borg & Gall, namun dalam pelaksanaannya hanya sampai pada langkah ke-7. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 2 semester genap SMAN 1 Padangcermin tahun pelajaran 20016/2017 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sangat valid. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan juga membantu peseta didik untuk lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Kata Kunci: LKPD , GGE, komunikasi matematis
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, Retno. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal UMP ISSN 2477-409X. (Online). (http://jurnal nasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/), diakses 5 Januari 2017.
Arini, Ni L. Pt. Okta Dwi, Rasana, I Dw. Pt. Raka. & Suarni, Ni Kt. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Journal Undiksha. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/753/626), diakses 29 Desember 2016.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fannie, Rizky Dezricha & Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika Volume 8 Nomor 1 2014. (Online). (https://online-journal. unja.ac.id/index.php/sainmatika), diakses 10 Januari 2017.
Izzati, N dan Suryadi, D. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY, 27 Nov 2010, ISBM: 978-979-16353-5-6 halaman 721. (Online). (https://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding. pdf), diakses 27 Desember 2016.
Nadlah, Izzun. 2012. Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Karya MGMP SMP di Kota Semarang yang Digunakan Siswa Kelas VII Semester Gasal 2010/2011. Jurnal PHENOMENON, Volume 2, Nomor 1, Juli 2012. (Online). (http:// journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon), diakses 20 Desember 2016.
Nartani, C. Indah; Hidayat, Rosidah Aliim. & Sumiyati, Yohana. 2015. Communication in Mathematics Contextual. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences Volume 2, Issue 4, ISSN: 2349-5219. (Online). (https://www. ijires.org/administrator/components/com_jresearch/files/publications/IJIRES_314_Final.pdf), diakses 29 Desember 2016.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Prayitno, Sudi, Suwarsono, St., Siswono,Tatag Yuli Eko. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ISBN: 978-979-16353-9-4.(Online) (eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-%2073.pdf), diakses 10 Januari 2017.
Prayogo dan Silviana, Ayu. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Aktif Menggunakan Strategi Group to Group Exchange Melalui Bantuan Tutor sebaya di Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan. Jurnal Semnas Pendidikan Matematika dan Statistika UNIPA Surabaya. (Online). (http://docplayer.info/46346274-Kata-pengantar-surabaya-02-mei-tim-editor-isbn-seminar-nasional-pendidikan-matematika-dan-statistika-2010. html), diakses 15 Januari 2017.
Suratno, Joko. 2016. The Development of Worksheet Using GeoGebra Assisted Problem Based Learning and Its Effect on Ability of Mathematical Discovery of Junior High Students. Seminar UNY (Online). (http://seminar.uny. ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding/ME-57.pdf), diakses 29 Desember 2016.
Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Peneliti dan Pengembangan) Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. (Online) (http://www. infokursus.net/download/0604091354Metode_Penel_Pengemb_Pembelajaran.pdf), diakses 27 Mei 2015.
Turmudi. 2010. Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. Dipublikasikan dalam Buku Bunga Rampai Pembelajaran MIPA, JICA FPMIPA. (Online). (http://file. upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196101121987031-TURMUDI/F2_ Bunga_Rampai-MIPA2010-oke.pdf), diakses 5 Januari 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.