Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Nia Widya Ningrum, Arnelis Djalil, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning model in terms of students mathematical problem solving skill. The population of this research was all eighth grade students of SMP Negeri 1 Rumbia Central Lampung in academic year of 2016/2017. The samples of this research were students of VIII-3 and VIII-4 class which was taken by purposive sampling technique. This research used the post test only control group design. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign test. Based on the result of this research and discussion, it obtained that the mathematical problem solving skill of students who was taught the guided inquiry learning was not higher than the conventional learning. Thus, guided inquiry learning was not effective in terms of students mathematical problem solving skill.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran Inkuiri Terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Adiyoga, Restu. 2008. Pengaruh Strategi Meands-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi. (Online), (http://repository. upi.edu), diakses 7 Desember 2016.

Arifin. 2010. Meningkat Pemahaman Konsep Menghitung Volume Kubus dan Balok Melalui Representasi Enaktif, Ikonik, dan Simbolit Pada Siswa Kelas V A SD Negeri 8 Mandonga Kota Kendari. Skripsi. (Online), (http://digilib.uho.ac. id), diakses 17 November 2016.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hartono. 2013. Analisis Data Statistik dan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka.

Irawan, Andi. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), (http://repository.upi.edu/id/eprint/7975), diakses 01 Juni 2017.

Muadin, Moh. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Disertai Metode Talking Stick Terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga. (Online), (http://digilib. uin.suka.ac.id/id/eprint6384), diakses 30 Mei 2017.

NCTM. 2007. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. (Online), (http://eprints.uny. ac.id/id/eprint/6943), diakses 20 Desember 2016.

OECD. 2016. PISA 2015 results: what students know and can do student performance in mathematics, reading and science (volume i). (Online), (http://www.oecd.org/ pisa /kefindings/pisa2015results volumeI.pdf), diakses 15 Maret 2016.

Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guide Inquiry pada Pemebelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Skripsi. (Online), (http://staff uny.ac.id/20Paidi/UNY.pdf), diakses Jumat 29 November 2016.

Rahmatsyah dan Simamora Harni. 2011. Pengaruh Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. (Online). Vol.3 (2) Desember 2011, (http://www.Malang. ac.id), diakses Oktober 2016.

Sabandar, Jozua. 2009. Berfikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Sarana Aktivitas dan Unggulan Guru. Vol.8 (3) (Online), (http://jurnal.upi.edu), diakses 20 Desember 2016.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yuliza, Tri Sulistiani. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMA. Tesis UPI. (Online), (http://repository.upi.edu), diakses 20 November 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.