Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Mella Triana, Sri Hastuti Noer Noer, Undang Rosidin

Abstract


This research was aimed to produce the students worksheet based on inquiry that valid and practical, then find out its effectiveness towards students mathematical creative thinking ability. The stages of development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing.The research subject was grade XI students in SMAN 1 Purbolinggo in academic year of 2016/2017.The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs and mathematical creative thinking ability test. The result of this research are students worksheet was valid according to material and media expert, it was practical to use and effective to increase students mathematical creative thinking ability.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri yang valid dan praktis, serta menguji efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes berpikir kreatif matematis. Hasil pengembangan dan penelitian yang diperoleh yaitu LKPD berbasis inkuiri yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis digunakan menurut siswa serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, LKPD, Inkuiri.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Muhammad Nadeem dkk. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. [Online]. International Interdis-ciplinary Journal of Education, Volume 1 No. 3, Avalaible : http://iijoe.org/IIJE_01_03_12.pdf. [25th of November 2015].

Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Vol.1No.1,(http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9), diakses 10 Juni 2017.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Mahmudi, Ali. 2008a. Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika XIV UNSRI, Palembang. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2001%20KNM%20UNSRI%202008%20_Pemecahan%20Masalah%20&%20Berpikir%20Kreatif.pdf), Diakses14 Desember 2015.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta,16 Mei.

Pusat Penilaian Pendidikan. 2014. Laporan Hasil Ujian Nasional 2014. Jakarta: Balitbang Kemen-dikbud.

Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universi-tas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suharti dkk. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol 3 No 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/download/1292/pdf_1), diakses 11 Juni 2017.

Suprayogi, Sugeng dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri untuk Menumbuhkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bontang. Makalah disampaikan pada KNPM V Himpunan Matematika Indone-sia.

Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16 Juni.

Yuliani, Anik. 2011. Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Mate-matis Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 1. STKIP Siliwangi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.