Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Surono Surono, Pentatito Gunowibowo, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research aimed to find out the increasing of students mathematical communication skills in the implementation of reciprocal teaching model. The design was pretest-posttest control group design. The population of this research was students of grade VIII in SMP Negeri 19 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into 12 classes. The sampling was done by chosen 2 classes randomly of 12 classes. Research data were obtained through test of mathematical communication skills. Analysis data of this research used Mann-Whitney U test. Based on the research, it was concluded that the reciprocal teaching model could increase students mathematical communication skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model reciprocal teaching. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil 2 kelas secara random dari 12 kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model reciprocal teaching mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: penerapan, komunikasi matematis, model reciprocal teaching.


Full Text:

PDF

References


Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI. Edisi Khusus No. 1 (76 89).

Mahmudi, A. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU. (Online), Vol 8 No. 1 (http://staffnew.uny.ac.id/ upload/ 132240454/penelitian/Makalah+06+Jurnal+UNHALU+2008+ _Komunikasi+ dlm+Pembelajaran+ Matematika_.pdf), diakses pada 1 Agustus 2017.

Murnaka, Nerru Pranuta. 2013. Pembelajaran Metode Reciprocal Teaching Berbantuan CABRI Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Kelas X. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 2 No.1 (hal. 152 157).

NCTM.2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (https://www.oecd. org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses pada 10 Januari 2017.

Permatasari, Devi Putri. 2016. Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematike Unila. (Online), Vol. 5 No. 1, (http:// jurnal. fkip. Unila. ac.id/index.php/MTK/article/vi-ew/11702/8347), diakses pada 1 Agustus 2017.

Putri, Runtyani Irjayanti. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Yogyakarta. Skripsi. (Online), (http:// eprints.uny.ac.id/2181/1/SKRIPSI_RUNTYANI._IP.pdf), diakses pada 13 Desember 2016.

Septiani, Gina Rizki. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. (Online), (http://re pository.unpas.ac.id/11499/), diakses pada 3 Agustus 2017.

Sijabat, Eva F. 2016. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Perspektif Pendidikan. (Online), Vol. 10 , No. 2, (http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/ Artikel%20Ilmiah%20eva%20ok.pdf), diakses pada 13 April 2017.

Sulandari, M. 2002. Hubungan antara Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan dalam Komunikasi Pada Mahasiswa Psikologi Gunadarma. Skripsi tidak diterbitkan. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http:// timms2015.org /timss-2015/mathematics/student-achievement/ distribution-of-mathemati-cs-a-chievement/), diakses pada 10 Januari 2017.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.