Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Siti Khadijah Jannati, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research aimed to find out the influence of think pair share learning model towards students mathematical communication skill. The population of this research was all eighth grade students of SMP Negeri 22 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VIII-B and VIII-C class which were chosen by purposive sampling technique. This research used the pretest posttest control group design. Research data were obtained through test of mathematical communication skill. Data analysis for testing of hypothesis in this research used t-test. Based on the research and discussion it was concluded that the Think Pair Share Learning Model has no effects towards the students mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan the pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model pembelajaran Think Pair Share tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, think pair share, kemampuan komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makasar. (Online). Tersedia: http://www.tunarungu.com/2012/06/model pembelajaran TPS.html, diakses 10 Juli 2017.

Lyman, Frank. 2009. Model Pembelajaran Think Pair and Share. Jakarta. Rineka Cipta.

Nimah, A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physic Education Journal. (Online), Volume 3, No.2, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej), diakses 03 Mei 2017.

OECD, 2016. PISA 2015 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self-Beliefs Volume III. Paris: PISA, OECD Publishing.

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Volume 2, No. 1, (http://journal.unsika.ac.id/), diakses 05 April 2017.

Son, L.A. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiralodra. (Online), Volume 7, No. 3 (http://ejournal.unwir.ac.id/), diakses 08 April 2017.

Surayya, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (Online), Volume 4, No. 1, (http://ejournal.upg.ac.id/), diakses 03 Mei 2017.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Result in Mathematics.(Online).Tersedia:http://timms2015.org/timss-2015/mathematics/students-achievement/ distribution-of-mathematics-achievement/, diakses 18 Desember 2016.

Tohir, Mohammad. 2016. Hasil PISA Indonesia Tahun 2015 Mengalami Peningkatan.(Online). Tersedia: https://matematohir.wordpress.com/2016/12, diakses 18 Desember 2016.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Praneda Media Group.

Utami, Selvy Dwi. 2015. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 3, No. 5, (Online). (http:// jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 21 Juli 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.