Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Anika Yanti, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of think talk write type in terms of mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade eight in Junior High School of 20 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into fourteen classes. The sample of this research was students of VIII-K and VIII-M class that was chosen by purposive sampling technique. This research used pretestposttest control group design. Research data were obtained through test of mathematical communication skills. Analysis data of the researchused t-test. Based on the research, it was concluded that the implementation of cooperative learning of think talk write type was not effective in terms of mathematical communication skill.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam empat belas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-K dan VIII-M yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretestposttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think talk write.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1, Nomor 2, 180-182. (Online). Ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/17/16. diakses pada 8 Agustus 2017.

Gardenia, Nia. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smk Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Vol 6, No. 2. 110-118. (Online). journal.lppmunindra.ac.id/index.php/formatif/article/download/944/878. diakses pada 8 Agustus 2017.

NCES. 2011. Mathematics and Science Achievement of Eighth Grade Students in an International Context. (Online). https://nces.ed.gov/TIMSS/results. diakses pada 5 November 2016.

Nihayah. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Skripsi. (Online). Repository.Syekhnurjati.Ac.Id/1568/1/Nihayah_59451033_Ok.Pdf. diakses pada 8 Agustus 2017.

Nuraeni, R. & Luritawaty, I.P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Volume 8, Nomor 2, april 2016. (Online). jurnalmtk.stkipgarut.ac.id/data/edisi8/vol2/Reni.pdf. diakses pada 8 Agustus 2017

OECD. 2012. PISA 2012 Results in Focus What 15 year olds Know and What They Can Do with What They Know. (Online). http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa_2012_results_overview.pdf. diakses pada 5 November 2016.

Oktarini, Iisy Mayasir. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Unila.

Purnamasari, Rita. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol 4, No. 3. hal 1-9. (Online). http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=428344. diakses pada 8 Agustus 2017.

Setiowati, Sulis. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol 2, No. 7. hal 1-8. (Online). http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=288493. diakses pada 8 Agustus 2017.

Wardani, Wulan Kusuma. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol 3, No. 2. hal 1-10. (Online). http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=315118. diakses pada 8 Agustus 2017.

Wijaya, Aan Pirta. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol 2, No. 4. hal 1-10. (Online). http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=288439. diakses pada 8 Agustus 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.