PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

M. Albert Hakim, Caswita Caswita, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model type TPS towards student’s mathematical conceptual understanding. The population is eight grade students of state junior high school 10 Bandar Lampung in academic years 2012/2013 that consist of 270 students and distributed into six classes. The samples are students of two classes that are choosen by using purposive sampling technique. The research uses a posttest only control design. The instrument of this research is essay test of mathematical conceptual understanding. Based on data analysis results by using t-test, it is concluded that student’s mathematical conceptual understanding with cooperative learning model type TPS is better than conventional learning.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 207 siswa dan terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa pada dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Instrumen penelitian berupa soal pemahaman konsep yang berbentuk esay. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis, pengaruh, think-pair-share


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P,,& Arora, A. 2011. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Rohman, Abdul. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Koo-peratif Tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak diterbitkan

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tasito. Edisi keenam

Tim Penyusun. 2009. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Asa Mandiri.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.