Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Rizka Silvianti, Haninda Bharata, Syarifuddin Dahlan

Abstract


This research is a development research that aims to find out how the development of LKPD based on CTL to improve the ability of mathematical communication and student self-efficacy. This research started from preliminary study, preparation of LKPD, LKPD validation, initial field test, and field test. The subjects of this study are students of class VII-A and VII-C SMP Negeri 1 Abung Tinggi Lesson Year 2016/2017. Preliminary study results indicate the need for the development of LKPD-based CTL approach. The preparation of LKPD begins with drafting the LKPD and all its components based on the guideline for the preparation of LKPD. Validation results indicate that LKPD has met the content and design feasibility standards. Field test results indicate that LKPD is included in either category. The result of field test shows that the improvement of students' mathematical communication ability following learning using LKPD based on CTL is higher than conventional learning and Student Self-Efficiency in both classes tended to not increase.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan LKPD berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-C SMP Negeri 1 Abung Tinggi Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan pengembangan LKPD berbasis pendekatan CTL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun draft dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD. Hasil validasi menunjukkan LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan menunjukkan LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis CTL lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional dan Self-Efficacy siswa pada kedua kelas cenderung tidak mengalami peningkatan.

Kata kunci : LKPD, CTL, Self-Efficacy



Full Text:

PDF

References


Anita, N.M.Y, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3. Tersedia Online: http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/downloa/800/585. Diakses 19 April 2017.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslich, Masnur. 2007. Pem-belajaran Berbasis Kontekstual. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

NCTM. 2000. NCTM: Principles and Standars for School Mathematics. Tersedia Online:http://krellinst.org/AiS/textbook/Manual/stand/NCTM_stand.html Diakses 19 September 2016.

Noer, Sri Hastuti. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012: UNY. Tersedia Online: http://eprints.uny.ac.id/10098/. Diakses 19 September 2016.

Nurfauziah, Puji. 2013. Peningkatan Kemampuan Koneksi Mate-matis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Model Core. Bandung: Universitas Pen-didikan Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biograf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.