Deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Socrates Saintifik

Rizki Hary Purnomo, M. Coesamin, Tina Yunarti

Abstract


This qualitative research aimed to describe the students critical mathematical conversations on Socrates scientific learning. The subjects of this research were the students of VII-F class of SMPN 22 Pesawaran 2016/2017 academic year. This data was a qualitative data about critical mathematical conversation of students obtained through field notes, documentation, and interviews. Data analysis has been done through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion verification. Based on the result of the research, it can be concluded that in critical mathematical conversation there were: (1) problems that contained indicators of interpretation or analysis more often lead to critical mathematical conversations, (2) analysis is an indicator of mathematical critical thinking ability that often raised by students, (3) Socrates question of clarification type is a type of Socrates question that widely used by the teachers and the students, (4) communicating step is a scientific step that students often do.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 22 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan kritis matematis terdapat: (1) permasalahan yang memuat indikator interpretasi atau analisis lebih sering memunculkan percakapan kritis matematis, (2) analisis adalah indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang sering dimunculkan siswa, (3) pertanyaan Socrates tipe klarifikasi adalah tipe pertanyaan Socrates yang sering digunakan oleh guru dan siswa, (4) langkah mengomunikasikan adalah langkah saintifik yang sering dilakukan siswa.

Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis

Full Text:

PDF

References


Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. (Online), (http://id.scribd.com/doc/212772623/Metode-Pembelajaran-Socrates#scribd), diakses 12 September 2016.

Khairi, Husain. 2017. Deskripsi Percakapan Matematis Pada Pembelajaran Socrates Saintifik dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. (Online), Volume 28, No.2, (http://forumkependidikan.unsri.ac.id/userfiles/Artikel%20Lambertus-UNHALU-OKE.pdf), diakses 21 September 2016.

Lazim, Muhammad. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 (Online), (http://p4tksbjogja.com/arsip/index.php?option=com_phocadownload&view=category&download=122:penerapanpendekatansaintifikdalampembelajarankurikulum2013&id=1:widyaiswara), diakses 12 September 2016.

Mentari, Julia Sekar. 2017. Deskripsi Percakapan Representasi Matematis Siswa dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Saintifik (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Mulyadi, Mohammad. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Penggabungannya. Vol. 15 No. 1, (Online), (http://www.academia.edu/download/39420026/ipi198551.pdf), diakses 9 Februari 2017.

National Council of Teachers of Mathematics. 1991. Professional Standards for Teaching Mathematics (Electronic version). Reston, VA: Author.

Panusunan, Tampubolon. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Strategi Kooperatif Tipe TGT (Teams Group Tournament) Di Sma Negeri 4 Medan. Dalam Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains, UKSW, Salatiga, 15 Juni 2013.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Purver, Matthew. 2003. Answering clarification questions. In Proceedings of the 4th SIGdial Workshop on Discourse and Dialogue, 23-33. Association for Computational Linguistics, Sapporo, 12 July 2003.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. (Online), Volume 1, No.1, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2012/08/Wahid-Umar.pdf), diakses 15 April 2017.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.