Deskripsi Disposisi Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik

Selly Metika Tamba, Tina Yunarti, M. Coesamin

Abstract


This qualitative research aimed to describe students mathematical communication disposition in Scientific Socratic Learning. The subject of this research were the students of class VII-H of SMPN 20 Bandarlampung in academic year of 2016/2017. The qualitative data of this research was about students mathematical comunication disposition which were taken by observation, field notes, interview, and documentation. The technique of data analysis used three stages, which were reducting, displaying, and getting the conclusion of data. Based on the result of the data analysis, it can be concluded that the implementation of the Scientific Socratic Learning on the students of class VII-H of SMPN 20 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 can lead the students mathematical communication disposition and the indicator of mathematical communication disposition which appeared dominantly in Scientific Socratic Learning was curiosity.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi komunikasi matematis siswa yang muncul pada saat pembelajaran menggunakan pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Socrates Saintifik pada siswa kelas VII-H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 dapat memunculkan disposisi komunikasi matematis pada siswa dan indikator disposisi komunikasi matematis yang dominan muncul pada pembelajaran dengan pembelajaran Socrates Saintifik adalah rasa ingin tahu.

Kata kunci: disposisi komunikasi matematis, pembelajaran socrates saintifik


Full Text:

PDF

References


Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. [Online], (http://www.academia.edu/10019651/MAKALAH_DASPROS_1_KETERAMPILAN_BERTANYA), diakses pada 21 Februari 2017.

Afrilianto, M. dan Tina, Rosyana. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol.02 Hlm. 45-53. [Online], http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id., diakses 15 Mei 2016.

Barnadib, Iman. 1995. Pendidikan yang Memiskinkan. Harian Barnabas. 05 Mei 1995. [Online], http://edukasi.barnabas.com, diakses pada 20 Mei 2016.

Dai, D. Y. dan Robert J. Stemberg (Eds). 2008. Motivation, Emoticon, and Cognition: Integrative Perspectives on Intelectual Functioning and Development. Mawah. NJ: Erlbaum, inpress. [Online], https://books.google.co.id., diakses pada 21 April 2016.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dediknas Jakarta. [Online], http://repository.upi.edu/517/4/T_MTK_1102555_CHAPTER1.pdf, diakses pada 15 Mei 2016.

Fathani, A.H. 2007. Matematika: Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayah, Nurul. 2013. Pengertian dan Langkah-Langkah Saintifik. [Online], http://www.nurulhidayah.net/879-pengertian-danlangkah-pembelajaransaintifik.html, diakses pada 18 Juni 2016.

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah yang Disajikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika. [Online], http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah+12+LSM+April+2010+_Asosiasi+KPMM+dan+Disposisi+Matematis_.pdf, diakses pada 21 Maret 2017.

Marjan, Johari. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. [Online], Volume 4, (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/1316/1017), diakses 20 Juni 2016.

Permendikbud. 2013. Standar Proses. [Online], http://-vokasi.-unud.ac.id/ wp-content-/uploads/2014/08/03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses.pdf, diakses pada 28 Mei 2016.

Umaedi. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Departemen Pendidikan Bangsa: Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Wati, Mega Fitri Widyo, 2016. Deskripsi Disposisi Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode PQ4R. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Unila.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Yulisa. 2015. Analisis Deskriptif Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.