Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Socrates Saintifik

Rizki Asri Dianita, Tina Yunarti, M. Coesamin

Abstract


This qualitative and descriptive research was aimed to describe the disposition of the students critical thinking mathematical in Scientific Socratic learning. The subject in this research were students of class VII-L of Junior High School 20 Bandar Lampung odd semester in academic year of 2016/2017. The qualitative data of this research was about disposition of students critical thinking mathematical wich were taken by field notes, interview, and documentation. The technique of data analysis used three stages such as reduction, presentation, and conclusion of data. Based on the results of the research, it was concluded the students who have high, middle and low mathematical ability can lead to the critical thinking of disposition in Scientific Socratic learning on materials Linier Equations and Inequations material One Variabel. The dominant indicator of disposition students critical thinking mathematical appear is open-minded indicators.

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa dikumpulkan melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan antara lain reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah ternyata dapat memunculkan disposisi berpikir kritis dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates Saintifik pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Indikator disposisi berpikir kritis matematis yang dominan muncul adalah indikator berpikiran terbuka.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, kualitatif, metode socrates, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Febrian Yusuf. 2016. Hakikat Matematika, Pembelajaran Matematika, dan Teori Belajar. FKIP Universitas Islam Riau. (Online). (https://www.google.co.id/amp/s/yurinky.wordpress.com/2016/-03/21/hakikat-matematika-pembelajaran-matematika-dan-teori-belajar/amp/), diakses 2 Oktober 2016.

Afrizal, Muhammad Aziz. 2014. Penggunaan Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi diterbitkan. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. (Online). (http://afrizalaziz10.blogspot.co.id/2015/01/penggunaan-sosiometri-oleh-guru-bk_30.html?m=1), diakses 2 Oktober 2016.

Anwar, Chairul. 2017. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.

Hadiyanti, Lutfia Nur. 2013. Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skills) dalam Berbagai Dimensi Pembelajaran Biologi. (Online). (https://Www-.Academia.Edu/8055164/Keterampilan_Berpikir_Kritis_Critical_Thinking_Skills_Dalam_-Berbagai_Dimensi_Pembelajaran_Biologi_Program_Magister_Pendidikan_Biologi), diakses 4 Oktober 2016.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humaniora.

Hudoyo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kurnia, Anis. 2017. Implementasi Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (Studi Deskriptif di SMA Negeri 2 Bandar Lampung). Skripsi diterbitkan. Lampung: Unila. (Online). (http://digilib.unila.ac.id), diakses 10 April 2017.

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Maryanti, Wiwin Eni. 2016. Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Berpikir Kritis. Tesis diterbitkan. Lampung: Unila. (Online). (http://digilib.unila.ac.id), diakses 28 Desember 2016.

Nurfitriyani, Linda. 2016. Deskripsi Disposisi Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Problem Based Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Unila.

Paul, Richard dan Elder Linda. 2006. Critical Thingking: The Art of Socratic Questioning. Journal of Development Education, 31(1).

Sulistiowati, Dwi Laila. 2015. Analisis Deskriptif Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik. Skripsi diterbitkan. Lampung: Unila. (Online). (https://digilib.unila.ac.id), diakses 8 Oktober 2016

Sumarmo, Utari. 2006. Berpikir Matematika Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wijayanti, Chusna. 2017. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Unila.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Yunarti, Tina. 2016. Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.