Deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik

Hunaifi Hunaifi, Tina Yunarti, M. Coesamin

Abstract


This qualitative research aimed to describe studentss mathematical critical discourse on learning by Socrates Scientific. Subjects of this research were students of class VII-L of SMPN 20 Bandarlampung in academic year of 2016/2017. Data of this research was qualitative data about students mathematical discourse which were taken by observation, documentation, and interview. Three procedures of data analysis were data reduction, data display, and conclusion verification. Based on the result of the research, it was concluded that in mathematical discourse, there were: (1) interpretation and analysis as the dominant indicators of critical thinking ability, (2) clarification and investigation assumptions as Socratic question that was used by teacher more frequently, (3) communicating as Scientific phase that was more frequently appeared. Besides that, the research findings were characteristic pattern of mathematical discourse, mathematical discourse form, and the factors that influence students response in mathematical discourse.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa pada pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan matematis terdapat: (1) interpretasi dan analisis sebagai indikator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul, (2) pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan yang lebih banyak digunakan guru, (3) tahap mengomunikasikan sebagai tahapan Saintifik yang banyak terlihat. Selain itu, diperoleh temuan berupa pola karakteristik percakapan matematis, bentuk percakapan matematis, dan faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis.

Kata kunci: metode socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis.


Full Text:

PDF

References


Al Qhomairi, Arifin. 2014. Penerapan Metode Socrates pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual ditinjau dari Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Bradford, Susann Meachelle. 2007. The Use of Mathematics Dialogues to Support Student Learning In High School Prealgebra Classes. (Online), (http://scholarworks.umt.edu/etd/1098), diakses 24 Oktober 2016.

Fitri, Annisa., Arista, Evie Dwy Wahyu. dan Utari, Tria. 2016. Pembelajaran kolaboratif dengan guide discovery untuk meningkatkan hots pada materi peluang kelas VII SMP. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Unissula, Semarang, 19 Maret 2016.

Fuson, Karen. 2015. A Math Talk CommunityMath Expressions Common Core. (Online), (https://www.hmhco.com/~/media/sites/home/countries/us/pa/philly-math-160420/math_expressions_research_base_brochure.pdf?la=en), diakses 18 Februari 2017.

Georgia Council of Teachers of Matematics (GCTM). 2015. Why Number Talks by NCTM. (Online), (new.gctm-resources.org), diakses 25 Oktober 2016.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. (Online), Volume 28, No.2, (http://forumkependidikan.unsri.ac.id/userfiles/Artikel%20Lambertus-UNHALU-OKE.pdf), diakses 21 September 2016.

Sari, Jenitta Vaulina Puspita. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Ekonomi SMA Kelas XI Materi Ketenagakerjaan. Dalam Prosiding Seminar Nasional: Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA, UNY, Yogyakarta, 02 Juli 2015.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. (Online), Volume 1, No.1, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2012/08/Wahid-Umar.pdf), diakses 15 April 2017.

Utomo, Dwi Priyo. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Matematika yang Berorientasi pada Kepribadian Siswa (Model PKBK) di Sekolah Dasar. (Online), Volume 18, No.2, (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/download/2771/560), diakses 15 April 2017.

Winsaputri, Kharisma Disti., Sutawijaya, Akbar. dan Asari, A.R. 2016. Proses berpikir siswa smp dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi marzano. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Unissula, Semarang, 19 Maret 2016.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.