Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa

Nonik Mega Sapitri, Sri Hastuti Noer, Widyastuti Widyastuti

Abstract


The aimed of this research was to know the improvement of students mathematical critical thinking skills and self confidence after implementation of contextual learning. The population of this research was students of grade VIII in SMP Negeri 25 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into nine classes. The samples of this research was students of VIII F and VIII G classes which were chosen by puposive sampling technique. The design was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through mathematical critical thinking test and self confidence scale. Based on the result of the research, we obtained concluded that implementation of contextual learning can improve of students mathematical critical thinking skills and self confidence.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang diambil dengan teknik puposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala self confidence. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, pembelajaran kontekstual, self confidence.


Full Text:

PDF

References


Aminah, N. 2014. Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Jurnal Euclid. (Online), Vol. 1, No. 1, hal. 56, (http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/77), diakses 17 Mei 2017.

Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Fatmawati, H., Mardiyana, dan Triyanto. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol.2, No.9, hal 899-910, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/viewFile/4830/3352.%2012%20Desember%202015), diakses 25 Oktober 2016.

Irawan, A. 2014. Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penguasaan Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Jurnal Formatif. (Online), Vol. 4, No. 1, hal. 46-55, (http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:FgYNzIKUoE8J:journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/138/132+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id), diakses 28 April 2017.

Karim, N. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 3, Nomor 1, hlm 92-104, (http: //ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/634), diakses 20 November 2016.

Mahendra, I.W.E. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etnomatika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol. 6, No.1, hal 107, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9257/6329), diakses 15 Mei 2017.

Martyanti, A. 2013. Mengembangkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10726/1/P%20_%203.pdf), diakses 25 Oktober 2016.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kom-petensi dan Kontekstual. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Noer, S.H. 2008. Problem Based Learning Dan Ke-mampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pen-didikan Matematika 2008. (Online), (http://eprints.uny.ac.id /6943/1/P-22%20Pendidikan%28Sri%20Unila%29.pdf), diakses 25 Oktober 2016.

Organisation for Economic Coopera-tion and Development (OECD). 2016. Pisa 2015 Results (Volume I). Excellence and Equity in Education. (Online), (www.oecd-ilibrary. org), di-akses 15 Maret 2017.

Permendiknas Nomor 23. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Prafitiani, N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Konteksual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa Kelas IV A SDN Margoyasan. Skripsi. Yogyakarta: UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/25529/1/skripsi%20nur%20fiks.pdf), diakses 20 November 2016.

Putri, F.A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual di SMP Muhammadiyah-11 Pangkalan Beran dan. Skripsi. Medan: UNIMED. (Online), (http://digilib.unimed. ac.id/8205/), diakses pada 25 November 2016.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Surya, E., Putri, F.A, dan Mukhtar. 2017. Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal of Mathematics Education. (Online), Vol 8, No. 1, hal 93, (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3324/pdf), diakses 16 April 2017.

Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica, (Online), Vol. 02, No. 01, hal 55, (http://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/viewFile/604/538), diakses 25 Oktober 2016.

Wibowo, R.J. 2016. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas III pada Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Kontekstual SD Negeri Plaosan 1. Skripsi. Yogyakarta: USD. (Online), (https://repository.usd.ac.id/4802/2/121134189_full.pdf), diakses 10 Januari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.