Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

M Khusnudin, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This research was aimed to know the effectiveness of guided discovery model in improving students mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade 7 of SMPN 19 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into 12 classes. The sample of this research was determined by cluster random sampling technique, that is class VII J as the research sample. The design of this research was one group pre-test posttest design. data analysis of this research used wilcoxon test. Based on the analysis of the data, it can be concluded that guided discovery model is not effective to improve students' mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam dua belas kelas, dengan sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII J sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini adalah one group pretest posttes design. Analisis yang digunakan dalan penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model penemuan terbimbing tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, penemuan terbimbing.


Full Text:

PDF

References


Cochran, R. 2007. The Impact of Inqury Based Mathematics on Context Knowledgeand Class room Practice. (Online), (http://www.rume. org/crume2007/papers/cochranmayermullins.pdf.), diakses 13 Oktober 2016

Depdiknas. 2003. UU NOMOR 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Depdiknas. (Online), (kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf), diakses 13 Oktober 2016

Hapsari, M.J. 2011. Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding. (Online),(http://eprints.uny.ac.id/7385/1/p30.pdf), diakses 20 Maret 2017

Jamaluddin. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Phytagoras. (Online), Vol 2, No 1,(http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/2396/30/article. pdf), diakses 17 Mei 2017

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(Online),(https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud542013SKL.pdf.), diakses 17 Mei 2017

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.58 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online),(http://dikbud.lombokbaratkab.go.id/uploaded/Permendikbud_Tahun2016_Nomor024.pdf), diakses 17 Mei 2017

Martyanti, A. 2013. Membangun Self Cofidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10726/1/P%20%203.pdf.) diakses 17 Mei 2017

Riska. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. (online), (https:// www.journal.unrika.ac.id /index. php/jurnal dms/article/download/8/7), diakses 10 Maret 2017

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Online),(http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/195503031980021DARHIM/Makalah_Artikel/JurMalang.pdf), diakses 17 Mei 2017

Saragih. 2008. Kompetensi Minimal Seorang Guru dalam Mengajar. Tabularasa. Jurnal Penelitian Pendidikan PPSUNIMED. (online), Vol 5, No 1, (http://digilib.unimed.ac.id/715/1/Kompetensi %20 minimal %20 seorang%20guru%20 dalam%20mengajar.pdf), diakses 17 Mei 2017

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: (Online), (hdr.undp.org/sites/default/files/Country Profiles/IDN.pdf.), diakses 17 Mei 2017

Wahyu. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika. (Online ), Vol 41, No 1, (http://journal.uny.ac.id/index.Php /jk/article/download/1916/1567), diakses 10 Oktober 2016

Wahyudin. 1999. Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi. (Online), Vol 13, No 2, (http://repository.unpas.ac.id), diakses 17 Mei 2017

Yates, S.M. 2002. The Influence of Optimism and Pessimism on Student Achievement in Mathematics.Mathematics Education Research Journal, Vol. 14, No. 1, 4-15. (Online), (http://www.merga.net.au/documents/MERJ_14_1_Yates.pdf), diakses 17 Mei 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.