Deskripsi Disposisi Representasi Matematis Siswa dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Saintifik

Resi Fellia, Tina Yunarti, M Coesamin

Abstract


This research aimed to describe studentss mathematical representation disposition on learning by Socrates methode in scientific approach. Subjects of this research were students of class VII-B of Junior High School 1 Natar in academic year of 2016/2017. Data of this research was qualitative data about studentss mathematical representation disposition description. The qualitative data of this research was about students mathematical representation disposition which were gotten by interview, field note, and documentation. The technique of data analysis used three stages, which were reducting, displaying, and getting the conlusion of data. Based on the research, it was concluded that application of the Socrates methode on the students of VII-B class of SMPN 1 Natar in academic year of 2016/2017 can bring out the mathematical representation disposition of students and the indicator of representation disposition understanding which appeared dominantly in Socrates methode was curiosity and confidence in thinking.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi representasi matematis siswa pada pembelajaran dengan metode Socrates dalam pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang deskripsi disposisi representasi matematis siswa. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi representasi matematis siswa yang diperoleh melalui wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode socrates pada siswa kelas VII-B SMPN 1 Natar tahun pelajaran 2016/2017 dapat memunculkan disposisi representasi matematis pada siswa dan indikator disposisi representasi matematis pada siswa yang dominan muncul pada pembelajaran dengan metode socrates adalah rasa ingin tahu dan kepercayaan diri dalam berpikir

Kata kunci: disposisi representasi matematis, metode socrates, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF

References


Armina, Lusi. 2016. Deskripsi Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Disposisi Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mandur, Kanisius. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. Jurnal Online vol. 2 th. 2013. Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/885, diakses 4 Januari 2016.

Maxwell, Kathleen. 2001. Positive Learning Dispositions in Mathmaics, (Online). Tersedia: https://cdn.auckland.ac.nz/assets/education/about/research/doc/FOEDPpers/Issue11/ACE_Paper_3_Isue_11.doc.Chicago:University of Chicago. Oktober 2014.

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Mudzakir, H. S. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representati Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Virginia.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Skripsi diterbitkan. Bandung: JICA-UPI.

Wati, Mega Fitri Widyo, 2016. Deskripsi Disposisi Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode PQ4R. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.