Deskripsi Disposisi Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik

Jesy Nurzain, Tina Yunarti, Arnelis Djalil

Abstract


This research was intended to describe the disposition of the studentss understanding of mathematical concept in learning Socrates Scientific. Subjects of this research were students of class VII-A of Junior High School 1 Natar in academic year of 2016/2017. The qualitative data of this research was about disposition students understanding mathematical which were taken by observation, field notes, interview, and documentation. The technique of data analysis used three stages, which were reducting, displaying, and getting the conlusion of data. Based on the results of research, it can be concluded that in learning on material Linier Equations and Inequalities materials One Variable with Socrates Scientifik method can bring out the disposition of understanding students mathematical concept and indicator of students disposition understanding of mathematical concept is the dominant emerging confidence.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi pemahaman konsep metematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel dengan metode Socrates Saintifik dapat memunculkan disposisi pemahaman konsep matematis siswa dan indikator disposisi pemahaman konsep matematis siswa yang dominan muncul adalah kepercayaan diri.

Kata kunci : disposisi pemahaman konsep matematis,metode socrates, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF

References


Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. (Online), (http://www.acade-mia.edu/10019651/MAKALAH_DASPROS_1_KETERAMPILAN_BERTANYA), diakses 16 Mei 2017.

Armina, Lusi. 2016. Deskripsi Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Disposisi Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. (Online), (http://id.scribd.com/doc/212772623/Metode-Pembelajaran-Socrates#scribd), diakses 12 Mei 2016.

Dina. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa SMA. Tesis diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Kemdikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pem-belajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kilpatrick, Swafford, dan Findell, (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press. (Online), (https://www.nap.edu/catalog/9822/adding-it-up-helping-children-learn-mathematics), diakses 15 April 2017.

Patria. 2007. Pemahaman Konsep. (Online), (http://mediaharja.blogspot.com/2011/11/pemahamankonsep.html), diakses 14 April 2017.

Santrock J.W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Siswono, Tatang Yuli Eko. 2007. Pembelajaran Matematika Humanistik yang Mengembangkan Kreativitas Siswa. Makalah diterbitkan Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wati, Mega Fitri Widyo, 2016. Deskripsi Disposisi Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode PQ4R. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.