Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Saputra Wijaya, Haninda Bharata, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cotextual teaching learning model in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was all seventh grade students of SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in Academic Year 2016/2017 that were distributed into 5 classes. The samples of this research were students of VII-D and VII-E classes which were chosen by cluster random sampling. This research used the randomized pretest-posttest control group design. Data of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign test. Based on the result of this research and criticism, it was concluded that the implementation of contexttual teaching learning model wasnt effective in terms of students mathematical communication skill. However, gain of students mathematical communication skill with contextual taching learning model was higher than gain of students mathematical communication with conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajara kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-D dan VII-E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain the randomized pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kontekstual tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Akan tetapi, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, pembelajaran kontekstual.


Full Text:

PDF

References


Afrilianto, Muhammad & Tina Rosyana. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol.02 Hlm. 45-53. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/ 12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf), diakses 15 Oktober 2016.

Anggraini, Dela. 2016. Efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Unila.

Haji, Saleh. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu. (Online), (http://repository.unib.ac.id/515/1/03.%20Saleh%20Haji.pdf), diakses 31 Maret 2017.

Kirana, Yana Cahya. 2014. Peranan Pendekatan Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol.02 Hlm.473-477. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf), diakses 1 Juni 2017.

Marisha, Yhunika Lutvi. 2012. Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2012/2013. (Online). (http://eprints.ums.ac.id/22955/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf), diakses 31 Maret 2017.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Di Sma Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika sekolah. (Online). PM.27 Hlm. 300-318. (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Semnas%20UNS-Kuswari.pdf), diakses 15 Oktober 2016.

OECD. 2016. Indonesia-OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org/indonesia.htm), diakses 24 maret 2017.

Permendiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Purwanti, Yuli. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. (Online), (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/karya-ilmiah-mahasiswa/pengaruh-pembelajaran-kontekstual-terhadap-kemampuan-komunikasi-matematik-siswa-smp), diakses 31 Maret 2017.

Putri, Dini Arrum. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbit-kan. Lampung: Unila.

Qohar, Abdul. 2009. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi, dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Desertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. Makalah pada Seminar Hasil Penilaian Pendidikan untuk Kebijakan 14 Desember 2016. (online), (http://puspendik.kemdikbud.go.id), diakses 24 maret 2017.

Setiawan, Wawan. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol.02 Hlm. 331-338. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/12/Prosiding-Semnas-STKI P-2014.pdf), diakses 1 Juni 2017.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. 2014. Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (Online), (http://p4tkmatematika.org), diakses 16 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.