Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Guided Inquiry
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of theimplementationof guided inquiry model in increasing students mathematical communications skill. The population of this research was all students of grade eight of SMPN 3 Natar South Lampung in academic year of 2016/ 2017. The sample of this research was students of VIIIJ class that was determined by purposive sampling. The design of this research was one group pretest-posttest design. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of guided inquirymodel was effective in increasing students mathematical communications skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model guided inquirydalam meningkatkankemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Natar Lampung Selatantahun pelajaran 2016/2017.Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIJyang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah one grouppretest-posttest design.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapanmodel guided inquiryefektif dalam meningkatkankemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Guided Inquiry, Komunikasi Matematis, Model PembelajaranFull Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jacobsen, D., Eggen, P. and Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching, Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TKSMA (Edisi ke-
.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E.2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA danTIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan SumberDaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.