Desain Didaktis Materi Segitiga dan Segiempat untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa
Abstract
This research was aimed to describe development of didactical design of triangle and rectangular to increase students mathematic spacial ability. This research used seven first steps of Borg and Gall Research and Development. This research based on the lack of students mathematical ability on geometri. Preliminary study start the research to get students learning obstacles at students of grade VIII-K SMPN 5 Bandarlampung. The developed didactical design was implemented to 35 students of grade VII-L SMPN 5 Bandarlampung. After this implementation, the developed didactical design was revised. The result of this research was didactical design which is shown at lesson plan (RPP) to increase students mathematic spasial ability. After the implementation, find out that students mathematic spasial ability is on middle level, about 66.92.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pegembangan desain didaktis materi segitiga dan segiempat untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah tujuh langkah awal penelitian dan pengembanganBorg and Gall.Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan matematika anak pada mata pelajaran geometri. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data kesulitan belajar siswa dan kegiatan belajar yang dilakukan yang dilaksanakan di kelas VIII-K SMPN 5 Bandarlampung.Selanjutnya dikembangkan desain didaktis yang diujicobakan terbatas kepada 35 siswa kelas VII-L SMP 5 Bandarlampung.Dari uji coba terbatas dilakukan analisis untuk menyusun desain didaktis revisi.Hasil penelitian ini berupadesain didaktis yang tercermin dalam RPP untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.Temuan dari pengembangan penelitian ini adalah kemampuan spasial matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan desain didaktis yang dikembangkan berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 66.92.
Kata kunci: Desain Didaktis, Kemampuan Spasial Matematis, Socrates Kontekstual.
Full Text:
PDFReferences
Boaler, J. 1993. The Role of Context in The Mathematics Classroom: Do they make mathematics more real? For the Learning of Mathematics, 13(2), 12-17.
Carraher, D., & Schliemann, A. D. 2002. Is Everyday Mathematics Truly Relevant to Mathematics Education.Journal for research in Mathematics Education Monograph, 11, 131-153.
Ciltas, A. & Tatar, E. 2011.Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 461-473
Gall, Meredith D, Walter R. Borg., Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: an Introduction. USA: Pearson Education Inc.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan.2012. Serapan Hasil Ujian Nasional Tahun 2012 Jenjang SMP Mata Uji Matematika. Tersedia: litbang. kemdikbud.go.id. [ Januari 2016].
McLeod, S. S. 2007. Edward Thorndike. Retrieved from www.simplypsychology.org/edward-thorndike.html
National Academy of Sciences. 2006. Learning to Think Spatially. Washington: National Academies Press.
NCTM. 2000. Executive Summary, Principle and Standards forSchool Mathematic. [online]. Tersedia di https://www.nctm.org. [Januari 2016]
Pakaya, Multinas. 2014. Hubungan Antara Kemampuan Spasial Siswa dengan Hasil Belajar Matematika pada Materi Geometri. Prosiding: Universitas Negeri Gorontalo.
Ristontowi. 2013. Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia dengan Media Geogebra.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY.
Suryadi, D. 2011. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika.Makalah pada Join-Conference UPI-UTiM, 25 April 2011.
Tambunan, Siti Marliah. 2006. Hubungan Antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika.Makara, Sosial Humaniora, Vol. 10 No. 1, Juni 2006: 27-32.
Widjaja, Wanty.2013. The Use of Contextual Problems to Support Mathematical Learning. IndoMS-JME, Volume 4, No. 2, July 2013, pp. (151-159).
Yunarti, T. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan DisposisiBerpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.