Efektivitas Pembelajaran Quick On The Draw Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Monice Putri Pangestu, Sri Hastuti Noer, Rini Asnawati

Abstract


This aim of this research was to know the effectiveness of Cooperative Learning type Quick On The Draw in terms of students mathematical communication skills on Set topic. This research used pretest-posttest control group design.The population of this research were students of grade VII in SMPN 2 Bumi Ratu Nuban in academic year 2016/2017. Through purposive sampling technique, two classes was choosen as the sample that were VII D and VII E classes respectively amount 25 students and 24 students. Analysis data of this research used Mann-Whitney U test. Based on the research, it was concluded that Quick On The Draw learning was not effective in terms of students mathematical communication skills but it was better than conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Himpunan. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bumi Ratu Nuban tahun pelajaran 2016/2017. Terpilih 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D dan VII E masing-masing berjumlah 25 siswa dan 24 siswa, melalui teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengguankan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran Quick On The Draw tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa tetapi lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, quick on the draw.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyiyah, Nurhidayani. 2013. Keefektifan Teknik Quick On The Draw Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri. Skripsi. Semarang: UNNES. (Online), (http://lib.unnes.ac.id), diakses 15 November 2016.

Ariawan, Rezi. 2013.Penerapan Pendekatan Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. Bandung: UPI. (Online), (http://repository.upi. edu/2238/), diakses 18 Mei 2017)

Artha, Ria Anzani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Vol 2, No. 4, (http://download.portalgaruda.org/), diakses 27 Maret 2017

Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Fuadi, Rahmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Matematika. (Online) Vol 3, No 1, (http://rp2.uinsyah.ac.id), diakses 20 Mei 2017.

Melvina, Venny. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Jakarta: UNJ. (Online),(http://lib.unj.ac.id), diakses 20 Januari 2017.

OECD. 2016. Indonesia-OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org/indonesia.htm), diakses 12 April 2017.

Rini, Dwi Setia. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya Pada Materi Himpunan Dikelas VII-G SMPN 1 Semanding Kab. Tuban. Jurnal Matematika. (Online). Vol 2, No 2, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/) diakses 20 April 2017.

Son, Lukas Aloisius. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiralodra. (Online), Volume 7, No. 3 (http://ejournal.unwir.ac.id/), diakses 10 April 2017.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulya, Himmatul. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), Vol 2, No 1, (http://jurnal.umk.ac.id/), diakses 20 Maret 2017.

Yuhasriati. 2012. Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang. (Online). Vol 1, No 1, (www. jurnal.unsyiah.ac.id), diakses 20 april 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.