Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of learning model of group investigation type in terms of students mathematical concepts understanding. The design of this research was posttest only control group design. The population of this research was all of 8th grade students in SMPN 23 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 which was distributed into 10 classes. The samples of this research were students of VIII A and VIII B classes which were chosen by purposive sampling technique. The research data were obtained by students mathematical concepts understanding ability test. Analysis data of this research using t-test. Based on the result and discussion of this research, it was concluded that the learning model of group investigation type wasnt effective in terms of students mathematical concepts understanding.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Group Investigation ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lamping tahun pelajaran 2016/ 2017 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Group Investigation tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: Efektivitas, Group Investigation, Pemahaman Konsep
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A. (2006). Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Fatmawati, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Fitriana, Laila. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia: http://eprin ts.uny.ac.id. (diakses pada tanggal 10 Oktober 2016).
Hadi, S N., Noor A J. 2013. Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometeri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Volume 1, No 1, (http://www.download.portalgaruda.org) diakses tanggal 15 Maret 2017
Hobri dan Susanto. 2006. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SLTP N 8 Jember tentang Volume Tabung. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7, No.2:74-83
Jannah, M. 2007. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Brebes Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistics Education (RME) Pada Sub Materi Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Tahun Pelajaran 2006/2007. (Skripsi). digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH01d9.../doc.pdf. diakses 10 Oktober 2016
Matondang, z. (2009). Validitas dan Reliabitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. (Online) Volume 6, No 1, (http://www.digilib.unimed.ac.id) diakses 10 Oktober 2016
Mawardi. Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negri 1 Badran Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Jurnal Scholaria Universitas Kristen Satya Wacana . (Online), Voume 1, No. 1, (http://www.repository.uksw.edu) diakses 04 April 2017
Ningsih, Y L. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Lembar Aktivitas Mahasiswa Berbasis Apos Pada Materi Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang. (Online), Volume 6, No. 1, (http://www.onlinejournal.unja.ac.id) diakses 04 April 2017
OECD. 2016. PISA 2015 Result: What Student Now and Can do Student Performance In Mathematic, Reading and Sience. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/pisa2015resultsinfocus.pdf.[10 Maret 2017]
Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. (online),Volume 9, No 1, (http://www.pps.unja.ac.id) diakses 20 Januari 2017
Sari, N. Y. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Sinambela L. P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Suwardi, Firmiana M E., dan Rohayati. 2014. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. (Online), Volume 2, No 4, (http://www.Jurnal.uai.ac.id) diakses 24 Maret 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.