Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Rafi Pratiwi, M Coesamin, Widyastuti Widyastuti

Abstract


The aim of this research was to compare the increasing of students mathematical representation skills after implementation of contextual learning and students mathematical representation skills after implementation of conventional learning. The design was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII in SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into four class. The samples of this research were students of VIII-A and VIII-C classes which were chosen by cluster random sampling technique. Analysis data of the research using t-test. Based on the research results, it was concluded that the increasing of students mathematical representation skills after implementation of contextual learning higher than students mathematical representation skills after implementation of conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Harahap, Tua Halomoan. 2015. Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika. Jurnal EduTech. (Online), Volume 1, No.1, (http://download.portalgaruda.org/article), diakses 20 April 2017.

Hudiono, Bambang. 2010. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Representasi Matematis dan Daya Representasi Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8(2): 101-203.

Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Volume 2, No.1, (https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/27/26), diakses 15 Oktober 2016.

Kadir, Abdul. 2013. Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Jurnal Dinamika Ilmu. (Online), Volume 13. No.3, (http://journal.iainsamarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20/19), diakses 20 April 2017.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNRI. (Online), (http://eprint.uny.ac.id), diakses 15 Oktober 2016.

Masita. 2012. Peningkatan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 21-24.

Mundia. 2010. Problem in Learning Mathematics: Comparison of Brunei Junior High School Students in Classes With and Without Repeaters. Journal of Mathematics Research, 2(3): 150-161.

Murni, Atma. 2013. Peningktaan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill. Jurnal Pendidikan, (Online), Volume 4, No.2, (https://e-journal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/1828/1799), diakses 20 April 2017.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia. (Online), (http://physicsmaster.orgfree.com), diakses 25 Oktober 2016.

Rangkuti, Nizar Ahmad. 2014. Representasi Matematis. Jurnal Forum Paedagogik, (Online), Volume 6, No.1, (http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/168/150), diakses 9 Mei 2017.

Sabirin, Muhammad. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari Banjarmasin. (Online), Volume 1 No.2, (http://jurnal.iainantasari.ac.id), diakses 15 Oktober 2016.

TIMMS. 2011. International Mathematics Report. Timms & Pirls International Study Center: United States.

Van Garden, D (2006). Spatial Visualization, Visual Imagery, and Mathematical Problem Solving of Students with Varying Abilities. Jurnal of Learning Disabilities, 39(6): 496-506.

Widiati, Indah. 2015. Mengembangkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA. (Online) Volume 20, No.2, (journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article), diakses 15 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.