Efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Diah Nur Hafifah, Sugeng Sutiarso, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of Alqurun Teaching Model in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. This research used one group pretest-posttest design. The population of this research was all students of grade VII of SMPN 2 Metro in academic year of 2016/2017. The sample of this research were students of VII-B class which was choosen by random sampling. Instument used in this research was test. Analysis data of this research used t paired-test. . Analysis data of this research used paired-test. Based on the result of research, it was concluded that Alqurun Teaching Model was not effective in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. However, understanding mathematical concepts of students after following Alqurun Teaching Model was better than before following Alqurun Teaching Model.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti Alqurun Teaching Model lebih baik daripada sebelum mengikuti Alqurun Teaching Model.

Kata kunci: Alqurun Teaching Model, Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


Artha, Ria Anzani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 2, No 4, (http://download.portalgaruda.org/), diakses 27 maret 2017.

Febriansari, Awit. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Pertidaksamaan. Skripsi. Bandarlampung: Unila.

Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 4, No 1, (http://ejournal.unsri.ac.id), diakses 15 November 2016.

Murizal, A. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 1, No 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 23 April 2017..

OECD. 2016. Indonesia-OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org/indonesia.htm), diakses 12 April 2017)

Putri, Ariesta Yanada. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Skripsi. Bandarlampung: Unila.

Rini, Dwi Setia. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Ber-basis Tutor Sebaya Pada Materi Himpunan Dikelas VII-G SMPN 1 Semanding Kab. Tuban. Jurnal Matematika. (Online). Vol 2, No 2, (http:// jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/) diakses 10 Mei 2017.

Rohana. 2009. Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar di Program studi Pendidikan Matematika FKIP Universita PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 3, No 2, (http://eprints.unsri.ac.id), di-akses 27 maret 2017.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURUN (Alqurun Teaching Model). Dalam Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo). Bandarlampung: IAIN Raden Intan Bandarlampung.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulya, Himmatul. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), Vol 2, No 1, (http://jurnal.umk.ac.id/), diakses 20 Maret 2017

Utami, Selvy Dwi. 2015. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning ditinjau dari Ke-mampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, (Online), Vol 3, No 5, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 10 Mei 2017.

Wulandari, Basilissa Dewi. 2016. Kebiasaan Belajar Dua Siswa Dari Keluarga Marginal di MTS. AL-Makmkur. Jurnal Psiko Edukasi, (Online), Vol 14, No 2, diakses (http://ojs.atmajaya.ac.id/), diakses 27 maret 2017.

Yuhasriati. 2012. Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang. (Online). Vol 1, No 1, (www.jurnal.unsyiah.ac.id) diakses 20 april 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.