Efektivitas Aqurun Teaching Model ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Annisa Vibra Lestari, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of Alqurun Teaching Model in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. This research used one group pretest-posttest design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 2 Metro in academic year of 2016/2017. Through purposive sampling technique, one class was taken as the sample that was VIII F class. Instrument used in this research was test. Analysis data of this research used t paired-test. Based on the result of research, it was concluded that Alqurun Teaching Model was not effective in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. However, understanding mathematical concepts of students after following Alqurun Teaching Model was better than before following Alqurun Teaching Model.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling 1 kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIII F. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti Alqurun Teaching Model lebih baik daripada sebelum mengikuti Alqurun Teaching Model.

Kata kunci: Alqurun Teaching Model, Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis



Full Text:

PDF

References


Artha, Ria Anzani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 2, No 4, (http://download.portalgaruda.org), diakses 27 maret 2017.

Basuki, Hadi Rahman. 2010. Pene-rapan Program Remedial Dengan Reciprocal Teaching Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika Di Kelas XII SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. (Online), (http://digilib.uinsby.ac.id), diakses 27 April 2017.

Cellilo, Jerry. 2016. Acknowledge-ment in the Classroom. (On-line), (http://oncourseworkshop.com), diakses 26 Oktober 2016.

Febriansari, Awit. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Pertidaksamaan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 14 Mei 2017.

Huo, Meldi S. Huo. 2014. Analisis pemahaman Konseptual dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan Pada Ma-teri Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Limboto. (Online), (http://eprints.ung.ac.id), diakses 30 Oktober 2016.

Muhlis, Ina V.S., M.O. Martin, dan P. Foy. 2012. TIMSS 2011 Internsional Results In Mathematics. (Online), (http://timssandpirls.bc.edu), diakses 6 Desember 2016.

Murizal, A. 2012. Pemahaman Kon-sep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Hal 19-23, (Online), Vol 1, No 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 23 April 2017.

Putri, Ariesta Yanada. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 14 Mei 2017.

Rahayu, Siti. 2012. Efektivitas Metode Pembelajaran Koope-ratif Tipe Student Teamsachievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta. (Online), (http://e-prints.uny.ac.id), diakses 12 Maret 2017.

Rohana. 2009. Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar di Program studi Pendidikan Matematika FKIP Universita PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 3, No 2, (http://eprints.unsri.ac.id), diakses 27 maret 2017.

Santika, Agung. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten. (Online), (http://eprints.uny.ac.id), diakses 23 April 2017.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Dalam Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo). Bandarlampung: IAIN Raden Intan Bandarlampung.

Suzana, Andriani. 2012. Pengembangan Modul Matematika Program Bilingual Pada Materi Segiempat Dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. (Online), (http://eprints.uny.ac.id), diakses 27 April 2016.

Wardhani. 2008. Analisis SI dan SKL untuk Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Jogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wulandari, Basilissa Dewi. 2016. Kebiasaan Belajar Dua Siswa Dari Keluarga Marginal di MTS. AL-Makmkur. Jurnal Psiko-Edukasi, (Online), Vol 14, No 2, (http://ojs.atmajaya.ac.id), diakses 27 maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.