Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Ria Septiana, Arnelis Djalil, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of think pair share in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was all eighth grade students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung in Academic Year 2016/2017 that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VIII-B and VIII-C classes which were chosen by purposive random sampling. This research used posttest only control group design. Analysis data of this research used t-test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of cooperative learning of think pair share wasnt effective in terms of students mathematical communication skill but it was better than conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif Think Pair Share ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis, Think Pair Share.

Full Text:

PDF

References


Frank Lyman, 2009. Model Pembelajaran Think Pair and Share. Jakarta. Rineka Cipta.

Munzim, Muhamad. 2015. Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Surkarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nimah, A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physic Education Journal. (Online), Volume 3, No.2, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej), diakses 03 Mei 2017.

Nurhasanah. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Result: Ready to Learn Students Engagement and SelfBeliefs Volume III. Paris: PISA, OECD Publishing.

Pahlevi, Reza. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Siswa. Lubuklinggau. STKIP-PGRI.

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Volume 2, No. 1, (http://journal.unsika.ac.id/), diakses 05 April 2017.

Rudiyanto. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 6 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi Reaksi Redoks. Malang. Universitas Negeri Malang.

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung. Tarsito.

Son, L.A. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiralodra. (Online), Volume 7, No. 3 (http://ejournal.unwir.ac.id/), diakses 08 April 2017.

Surayya, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (Online), Volume 4, No. 1, (http://ejournal.upg.ac.id/), diakses 03 Mei 2017.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Praneda Media Group.

Utami, Selvy Dwi. 2015. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning ditinjau dari Ke-mampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 3, No. 5, (Online). (http:// jurnal.fkip.unila.ac.id) 19 April 2017.

Wicaksono, Agung. 2009. Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 5, No.5, (http://jurnal.uns.ac.id/), diakses 10 April 2017.

Wulandari, Rika. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Lubuklinggau. STKIP-PGRI.

Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.