Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Group Investigation ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rahayu Soraya, Arnelis Djalil, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of group investigation in terms of students mathematical concepts understanding skill. This research used posttest only control group design. The population of this research was all seventh grade students in SMPN 5 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 which was distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VII C and VII D classes which were chosen by purposive random sampling. The research data were obtained by students mathematical concepts understanding skill test. Analysis data of this research used t-test. Based on the result and discussion of this research, it was concluded that the cooperative learning of group investigation wasnt effective in terms of students mathematical concepts understanding skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif group investigation ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif group investigation tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Efektivitas, Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M dan Tina Rosyana. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Volume 2, hlm 45-53, (http://publika si.stkipsiliwangi.ac.id.), diakses 10 Oktober 2016.

Annisa, Nur. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematika Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Fatmawati, Fitri. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Firmansyah. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Fitriana, Laila. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http:// eprints.uny.ac.id.), diakses 10 Oktober 2016.

Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Sriwijaya. (Online), Volume 4, No 1, (http://e journal.unsri.ac.id.), diakses 10 Oktober 2016.

Kusuma, Alisha Suryani. 2015. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dilengkapi dengan Metode Gallery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. (Online), (http://digilib.uinsuka.ac.id.), diakses 22 April 2017.

OECD. 2016. Indonesia OECD Data. (Online), (http://data.oe cd.org/indonesia.htm.), diakses 10 Oktober 2016.

Sari, Nikita Yunika. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suwondo, Wawan. 2012. Efektivitas Pembelajaran Group Investigation Ditinjau dari Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yuliani. 2009. Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://eprints. uny.ac.id.), diakses 18 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.