Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Hani Ervina Pansa, Caswita Caswita, Suharsono Suharsono

Abstract


The main objective this research is to develop effective, valid, and practical students worksheet in the terms of students mathematical communication ability. The population of this research was the whole 10th grade students in Senior High School 1 Bandar Lampung of the academic year 2016/2017. The development of students worksheet followed the procedure of Brog and Gall. Data collection techniques in this research used are validation expert, the respons of students and mathematical communication ability test. The result showed that students worksheet with the model of problem based learning had been the requirement and eligibility based on the material and media expert assessment. The result showed that the developed students worksheet could improve the ability of students in communicating mathematically that can be seen from the result of the communication test and the achievement of the students. Based on the research, developed students worksheet with problem based learning had been the criteria of being valid, practical and effective in improving the mathematical communicative ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Pengembangan LKPD mengikuti prosedur Brog & Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah validasi ahli, respon peserta didik dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan model Problem Based Learning telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, dan media. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dilihat dari pencapaian KKM dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD dengan model Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci: Komunikasi Matematika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Baroody. A. J. 2007. Mathematical Communication in Malaysian Bilingual Classroom. Japan: Konferensi.

Borg, Walter R., Meredith D. Gall, and Joyce PGall. 2003. Educational Research an Introdution Seventh Edition. Longman: United States of America.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.

Devita, R. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Unila, Vol. 1 (7). [online]. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ind ex.php/JTP/article/view/2274. Diakses pada 20 Oktober 2016]

Enjang.A.S. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

La Moma. 2004. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Pengukuran Panjang. Jurnal MIPA Vol. 14 No.1 [Online] [http://eprints.ums.ac.id/pdf Diakses pada 15 Oktober 2016]

Latuheru, J. D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Khassanah, U. 2015. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Jur-nal UMS Vol. 1 No.9.[Online] [http:// ums.ac.id.pdf Diakses pada 18 Oktober 2016]

National Council of Teacher Mathematics. 1989. Curiculum and Evaluation Standard for School Mathematics. (Online), (http://www.nctm.org/) diakses 4 November 2016.

________. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. (Online), (http://www.nctm.org) diakses 4 November 2016

Marpaung, Yansen. 2003. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Makalah Seminar Nasional Komperda Himpunan Matematika Indonesia Wila-yah Jawa Tengah & DIY. Surakarta.

OECD. 2013. What Students Know and Can Do Student Performance in Matehmatics, Read-ing, and Science. (Online). (http://www. oecd.org) diakses 20 Oktober 2016.

PISA. 2012. What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. (online). (http://www.oecd.org) Diakses 20 Oktober 2016.

Puspendik. 2015. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Jakarta: Puspendik, Balitbang Depdiknas.

Sanjaya,W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Suryadi. 2011. Analislis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui model Think Talk Write (TTW) Peserta Didik SMP N 1 Manyar GresikVolume 2 No 2 [online http://digilib.upi.edu. Diakses pada 18 September 2016]

Suryaman, Maman. 2009. Panduan Pendidik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasio-nal.

Syukria. 2013. Kemampuan komunikasi Matematis dan Habits of Mind Mahasiswa pada materi Lintasan terpendek menggunakan algoritma Floyd Warshall. Jurnal Peluang Volume 1 No.2 [online http://jurnal.unsyiah.ac.id Diakses pada 16 November 2016]

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.