Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Maulana Eka Pratikta, Rini Asnawati, Sugeng Sutiarso

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of Think Pair Share cooperative learning model toward students conceptual understanding of mathematics. This research used posttest only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 23 Bandarlampung in academic year of 2016/2017. Through purposive sampling technique, 2 classes were taken as the samples. The technique that used in this research is technical test. Analysis data of this reasearch used t-test. Based on the result of research, it was concluded that Think Pair Share cooperative learning model have an effect on students conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimental semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling 2 kelas diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard, I. 2007. Belajar Untuk Mengajar. Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soet-jipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV Eko Jaya.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Volume 16, No.1, (http://download.por-talgaruda.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=), diakses 25 September 2016.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah. (Online), Pm.27, Hlm.300-318, (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawti,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Semnas%20UNSKuswari.pdf), diakses 30 Nopember 2016.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Bandar lampung: Universitas Lampung.

OConnel, Susan. 2007. Introduction to Problem Solving. Ports-mouth: Heinemann.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim TIMSS Indonesia. 2011. Survei Internatsional TIMSS. (Online), (http://litbangkemdiknas-.net/detail.php?id=214), diakses 20 Oktober 2016.

Usdayana, D. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Matematika Realistic. (Online), (http://file.upi.edu/directori), diakses 31 Maret 2017.

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Pe-nilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. (Online), (http://p4tkmatematika.org), diakses 6 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.