Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Yolanda Pratiwi, Rini Asnawati, M Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of STAD in terms of students mathematical concepts. The population of this research was all students of grade eight in Junior High School 4 Bandar Lampung that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VIII-H and VIII-F class which were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control design. Analysis data of this research used t-test. Based on the result of this research, it was concluded that cooperative learning of STAD wasnt effective in terms of students mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pem-belajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung yang terdistribusi ke dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-F yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis, STAD

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Della. 2013. Efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Anonim. 2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No.20 Tahun 2003. (Online). (http://smpn1singajaya.wordpress.com/2009/06/07/uuspn-no-20tahun-2003/), diakses 9 Oktober 2016.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Firmansyah. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hidayah, Umi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. [Online]. Jurnal Pendidikan Matematika Paradigma, Volume 7, No.1, Tersedia: http://down load.portalgaruda.org. [9 April 2017]

Ibrahim, Muhsin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Negeri Surabaya.

Kalim, Nur. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. [Online] Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No.1, Tersedia: http://lppm.stkippgrisidoarjo.ac.id. [9 April 2017]

Martin, Kharis Fajar. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reaflekt-Recite-Review. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf), diakses 9 Ok-tober 2016.

Roslaini. 2015. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 16 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. [Online]. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 1, No.1, Tersedia: http://jurnal.iicet.org/index.php/jedu/article/download/4/14. [9 April 2017]

Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah Lokakarya Pengembangan Model-Model Pembelajaran Matematika Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 14 Oktober 2006.

Wardani, Resti Ayu. 2013. Efektivitas Problem Basic Learning Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.