DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK

Chusna Wijayanti, M. Coesamin, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This qualitative research was aimed to describe studentss mathematical critical thinking disposition in Socrates Scientific learning at the topic of proportion. The subjects of this research were students of VII-F class in SMPN 22 Pesawaran of odd semester in academic year of 2016/2017. Through purposive sampling technique, it was chosen twelve students who described their critical thinking disposition. The research data were obtained by observation, interview and documentation. The data analysis technique used three stages, which were reducting, displaying, and getting the conclusion of data. The results of this research was during the learning process with Socrates Scientific, critical thinking disposition appeared dominantly were critical thinking self-confidence, curiosity, and truth-seeking. During the learning process, the characteristics of the Socrates questions makes students have curiosity and critical thinking self-confidence when answering the questions.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran Socrates Saintifik pada materi perbandingan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMPN 22 Pesawaran pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling terpilihlah dua belas siswa yang dideskripsikan disposisi berpikir kritisnya. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dengan Socrates Saintifik, disposisi berpikir kritis yang dominan muncul adalah kepercayaan diri, rasa ingin tahu, dan pencarian terhadap kebenaran. Selama proses pembelajaran, karakteristik pertanyaan Socrates membuat siswa memiliki rasa ingin tahu serta memiliki kepercayaan diri dalam berpikir kritis saat menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, socrates saintifik

Full Text:

PDF

References


Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. [Online]. http://www.academia.edu. [6 Oktober 2016].

Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. [Online]. http://id.scribd.com. [4 Oktober 2016].

Fisher, Craig. 2010. Discussion, Participation and Feedback in Online Course 2010 ISECON Proceedings v27 n1382. [Online]. http://proc.isecon.org/2010/pdf/1382.pdf. USA: Nashville Tennessee. [4 Oktober 2016].

Hanifah, Tasyami Fitria. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Model Elictina Activies (MEAS) dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu. [7 Januari 2017].

Hudoyo, Herman.2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. 2014. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbang Prodik.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, Volume 28, Nomor 2, Maret 2009. Kendari: Unhalu. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/2384/1/skripsi. [6 Oktober 2016].

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). [Online]. http://staff.uny.ac.id. [9 Oktober 2016].

Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://file.upi.edu. [6 Oktober 2016].

Nasution. 2002. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Natalia. 2013. Menumbuhkan Keberanian Siswa untuk Aktif dalam Pembelajaran. [Online]. https://natalia778.wordpress.com/2013/01/16/menumbuhkan-keberanian-siswa-untuk-aktif-dalam-pembelajaran/. [6 Oktober 2016].

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahang. 2014. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari Melalui Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet Simulation (Penelitian Tindakan Kelas) 2014. [Online]. http://myfortuner.files. wordpress.com. [ 4 November 2016].

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.