PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP

Septilas Nila Novi, Tina Yunarti, Budi Koestoro

Abstract


This research aimed to develop teaching materials of sets and find out the student conceptual understanding and disposition of mathematical concept understanding. This research type was Research and Development which was according to Borg and Gall. This research began with a preliminary study in the form of a needs analysis, learning development, product design and instruments. The subject of this research was VII A class students of SMP Muhammdiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 who have medium to low-level thinking. The preliminary study results indicated that there had been no teaching materials of teacher in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The results of research showed that teaching material able to fasilitate of mathematical concepts understanding and disposition of mathematical concepts understanding.

Penelitianini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar himpunan dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall. Penelitian diawali dari studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan, pengembangan pembelajaran, desain produk dan instrumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki level berpikir menengah ke bawah. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa belum ada bahan ajar dari hasil karya guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: bahan ajar, disposisi, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Borg & Gall. 2008. Educational Research: An Introduction 7th Edition. USA: Pearson Education.

Depdiknas. 2003. 25 Tahun SMP Terbuka. Jakarta: Depdiknas.

Firdaus, Anisah. 2013. Taksonomi Bloom (Ranah Afektif, Kognitif dan Psikomotor. [Online]. http://firdausanisaa.blogspot.co.id/2013/12/taksonomi-bloom-ranah-afektif-kognitif.html. (9 Desember 2013).

Hidayat, Nur. 2013. Bahan Ajar. [Online]. http://nurhidayatibj.blogspot.co.id/2013/05/bahan-ajar_8069.html. (7 Mei 2013).

Patria, A. Y. 2007. Teknik Probing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puspitasari, R. P. 2013. Strategi-Strategi Belajar: Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdiknas.

Rosnawati. 2016. Guru Pembelajar, Modul Pelatihan Matematika SMA, Kelompok Kompetensi B, Pedagogik, Teori Belajar, Profesional, Relasi, Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan. Jakarta: Kemendikbud. [Online]. https://drive.google.com/file/d/OB_BJ4dk60YsvRIBQMEJ2NIYydzg/view. (13 Juli 2016).

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sunardi. 2009. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jember: UNEJ.

Winarni & Harmini. 2011. Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.