PENGEMBANGAN MODEL NHT MELALUI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Nur Indah Rahmawati, Sugeng Sutiarso, Undang Rosidin

Abstract


This development research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of Numbered Heads Together with peer tutoring in terms of students' mathematical communication skills. The cooperative learning model of Numbered Heads Together is a learning model through a small group of 4-6 students who learn together to share ideas in resolving the problems. The peer tutors are students who are chosen from a group that hold duties as a mentor and tutor among them. The research data obtained through posttest. The subjects of this research were students of grade VIII of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in second semester of academic year of 2015/2016. The research method of follow the steps Bord and Gall. The data analysis in this research is quantitative. The results of the data proved floating on cooperative learning NHT with peer tutors more than 92% of students compared to the NHT class 32% of students reached the KKM. The results of research concluded cooperative learning model of Numbered Heads Together with peer tutoring effective to improve students mathematical communication skills.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tutor sebaya ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengembangan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran melalui kelompok kecil terdiri dari 4-6 siswa yang saling bekerja sama untuk saling berbagi ide dalam menyelesaikan persoalan. Tutor sebaya dipilih dari seorang siswa yang berasal dari teman-teman kelompoknya yang memegang tugas sebagai mentor dan tutor dikalangannya sendiri. Data penelitian diperoleh melalui posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini mengikuti langkah-langkah Bord dan Gall. Analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil data membuktikan pengambangan pada pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tutor sebaya lebih dari 92% siswa dibandingkan pada kelas NHT 32% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tutor sebaya efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, Numbered Heads Together, tutor sebaya

Full Text:

PDF

References


Abba, Nurhayati. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Tesis. Surabaya: Unesa.

Borg dan Gall. 2003. Educational Research an Introduction, Seventh Editions. New York : Allin and Bacon.

Fersyhana. 2011. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran Kontekstual dan Cooperative Learning Beserta Aplikasinya dalam Pembelajaran Sejarah. [Online]. https://fersyhana.wordpress.com. (21 Desember 2011).

Ibrahim, Muslimin. 2000 Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winataputra, U.S. 1999. Strategi Pembelajaran PPKn pada Era Reformasi Menuju Indonesia baru. Jakarta: Dep P dan K.

Zubaedi. 2011. Desain pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.