PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Kiki Herdiansyah, Sri Hastuti Noer, Undang Rosidin

Abstract


This research aimed to analyze student worksheet development based on Problem Based Learning model in topic of Probability for Senior High School students of grade X. The instruments which were used in this research were the validation sheet of student worksheet for math lecturer and teacher in order to fulfill the validity aspect, the student scoring sheet in order to fulfill the applicability aspect, and critical mathematic thinking ability test in order to fulfill the effectiveness aspect. The result of the research showed that the student worksheet which was based on Problem Based Learning model had fulfilled the requirements and appropriateness standard based on content, design, and language expert. The data analysis of t-test towards of critical thinking ability showed that the critical thinking ability of students with Problem Based Learning model worksheet was higher than the critical thinking ability of students without Problem Based Learning model worksheet.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan model Problem Based Learning pada materi Peluang untuk SMA kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD untuk ahli dan guru matematika untuk aspek kevalidan, lembar penilaian peserta didik untuk aspek keterbacaan, serta soal tes kemampuan berpikir kritis untuk aspek keefektivan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan model Problem Based Learning telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, desain, dan bahasa. Hasil analisis menggunakan uji t terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan LKPD dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada peserta didik yang tidak menggunakan LKPD dengan model Problem Based Learning.

Kata kunci: berpikir kritis, peluang, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Arend, Bridget. 2009. Encouraging Critical Thinking in Online Threaded Discussions. The Jurnal of Educators Online. Volume 6, Nomor 1. Januari 2009. [Online]. https://www.thejeo.com/Archives%2fVolume6Number1%2fArendpaper.pdf%3fq%3dcriticalthinkingstrategies. (09 September 2016).

Dedeh, Tresnawati Choridah. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir serta Disposisi Matematis Peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 2. Juni 2013. [Online]. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/35. (05 Februari 2016).

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Fitri, Amalia. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Karakter dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal PP Volume 1, No. 2, ISSN 2089-3639. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1540. (02 Maret 2016).

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist No. I, Vol. 1, Universitas Pendidikan Indonesia. Januari 2007. [Online]. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1-Januari_2007/6.-_Tatang_Herman.pdf. (02 Maret 2016).

Johnson, Elaine B. 2014. CTL: Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kririts Peserta didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2011 Universitas Al-muslim. November 2011. [Online]. http://jurnal.bull-math.org/index.php/Simantap/article/download/37/40. (24 Juni 2016).

Oja, Kenneth J, BSN. RN. 2011. Using Problem Based Learning in the Clinical Setting to Improve Nursing Students Critical Thinking: An Evidence Review. Journal of Nursing Education Vol. 50, No. 3, 2011. [Online]. https://www.researchgate.net/profile/Kenneth_Oja/publication/49732970_Using_Problem-Based_Learning_in_the_Clinical_Setting_to_Improve_Nursing_Students'_Critical_Thinking_An_Evidence_Review/links/5508f4430cf26ff55f84461f.pdf. (23 Oktober 2016).

Permana, Yanto & Sumarmo, Utari. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist Vol. I, No. 2, Juli 2007, Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._2-Juli_2007/6_Yanto_Permana_Layout2rev.pdf. (17 Desember 2015).

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Setyorini, U. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 52-56. Januari 2011. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JPFI/1070. (14 Mei 2016).

Surya, Muhammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Vitasari, Rizka. 2010. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas Maret. [Online]. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2226. (19 Mei 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.