EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Utary Fathu Rahmi, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of team games tournament type in terms of students mathematical representation ability. The population of this research was all students of grade 8th of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 which was distributed into 6 classes. The samples of this research were students of VIIIA and VIIIB class who were taken by purposive sampling technique. The design which was used was posttest only control group design. The research data were obtained by mathematical representation ability test. Based on the result of data analysis, cooperative learning model of team games tournament type wasnt effective in terms of mathematical representation ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data, model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, representasi matematis, team games tournament


Full Text:

PDF

References


Arvianto, Ilham Rais. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis AFL Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 1, No. 7. [Online]. http://jurnal.pasca.uns.ac.id. (8 Desember 2016).

Chandra, Leo. 2014. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 2, No. 4. [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id. (8 Desember 2016).

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Dharma Bhakti.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.

Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 2, No. 1. [Online]. http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id. (23 Desember 2016).

Khairuntika. 2014. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 2, No. 6. [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id. (10 November 2015).

Mahardika, Iga Apriliana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 2, No. 6. [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id. (22 Desember 2016).

NCTM. 2000. Principles and Stadards for School Mathematics. [Online]. http://www.nctm.org. (9 November 2015).

Setyowati, Anna. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan FanN-Pick pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecemasan pada Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 1, No. 6. [Online]. http://jurnal.pasca.uns.ac.id. (8 Desember 2016).

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. http://timssandpirls.bc.edu. (9 November 2015).

Utami, Selvy Dwi. 2015. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Ditinjau Dari Ke-mampuan Representasi Matema-tis. Jurnal Pendidikan Ma-tematika Unila Vol. 3 No. 5. [Online]. Tersedia: http:// jurnal. fkip.unila.ac.id (22 Desember 2016).

Yanti, Annisa Rahmi. 2014. Pengaruh Pembelajaran Koo-peratif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 BukitTinggi Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1. [Online]. Tersedia: http:// ejournal.unp. ac.id. (18 Maret 2016).

Zaskis, R dan Sirotic, N. 2004. Making Sense of Irrational Numbers: Focusing on Representation. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychologi of Mathematics Education Vol. 4. [Online]. http://www.emis.de. (30 Desember 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.