Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Deni Setiawan, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery approach in terms of students understanding of mathematical concept. The design which was used was post-test only control design. The population of this research was all students of grade VIII of MTs Negeri 2 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016. The purposive sampling technique was used to take two classes as the research samples. The data of this research were obtained by test of understanding of mathematical concepts. Based on the result and discussion, it could be concluded that guided discovery approach was effective in terms of students understanding of mathematical concept.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan penemuan terbimbing ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan penemuan terbimbing efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, penemuan terbimbing


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Efendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Matematis Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman,Tatang. 2001. Tren Pembelajaran Matematika Global. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia,

Suryosubroto, B. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.