PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY
Abstract
This research aimed to develop mathematics modules and find out its effectiveness in terms of mathematical connection skills and students self efficacy. The subject of this research was students of VIIIth grade of MTS Negeri 2 Bandar Lampung. It occupied Reserach and Development utilizing procedures established by Borg and Gall, with only performing up to main product revision. The result of validation indicated that the module has a standard feasibility of content, media, and languages. The results of the initial trials showed that the modules included in well category. The draft of math module on system of linear equation of two variables obtained from the results of limited test. The research data was obtained by the test of mathematical connection and self efficacy scale. The results of effectiveness showed that students reached the minimum criteria of mathematical connection skills. The tendency of self efficacy of students after using the math module did not show any significant changes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dan mengetahui keefektifannya ditinjau dari kemampuan koneksi dan self efficacy siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan prosedur yang dikembangkan oleh Borg and Gall, tetapi hanya dilakukan hingga tahap revisi hasil uji lapangan terbatas (main product revision). Hasil validasi menunjukkan bahwa modul telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa. Hasil uji coba awal menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori baik. Rancangan modul matematika pada sistem linear dua variabel diperoleh dari hasil uji terbatas. Data penelitian diperoleh melalui tes koneksi matematis dan skala self efficacy. Hasil uji efektivitas menunjukkan siswa telah mencapai standar minimal kriteria dalam kemampuan koneksi matematis. Kecenderungan self efficacy siswa setelah menggunakan modul matematika tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.
Kata kunci: koneksi matematis, modul, self efficacy
Full Text:
PDFReferences
Anita, N.M.Y., Karyasa, I.W., Tika, I.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3. [Online]. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/800/585. (16 Juni 2016).
Azizah, L. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Core Bernuansa Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada SMA Negeri 7 Cirebon. Unnes Journal of Mathematics Education Research, ISSN 2252-6455. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer. (8 Oktober 2015).
Devita, R. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Unila, Vol. 1 (7). [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/2274. (28 Oktober 2015).
Dzulfikar, A. 2013. Studi Literatur: Pembelajaran Kooperatif dalam Mengatasi Kecemasan Matematika dan Mengembangkan Self Efficacy Matematis Siswa. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 November 2013. Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/10730/1/P%20-%207.pdf. (18 April 2015).
Kartika, E. 2015. Analisis Self-Efficacy Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Kontekstual. Bandar Lampung: Universitas Lampung. [Online]. http;//jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/8984/ 5673. (27 Oktober 2015).
Khassanah, U. 2015. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal UMS Vol. 1, No.9. [Online]. http://ums.ac.id.pdf. (18 April 2016).
Liu, X. 2009. The Effect of Mathematics Self, Efficacy on Mathematics Achievement of High School Students. NERA Conference Proceedings, 22 Oktober 2009. University of Connecticut. [Online]. http://digitalcommons.uconn.edu/nera2009/30. (18 April 2015).
NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Noer, S.H. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012. UNY. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/10098/. (15 Mei 2016).
Pajares, F. & Kranzler, J. 1995. Self Efficacy Bilief and General Ability in Mathematical Problem Solving; A Path Analysis. Journal of Educational Psychology, 20, 426-433. [Online]. http://vmarpad.Shaanan.ac.il/efficacy. (16 Juni 2016).
PISA. 2009. Pisa Country Profiles. [Online]. http://www.pisa.oecd.org. (12 April 2011).
Prabawanto, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Self Efficacy Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metacognitive Scaffolding. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu/3641/. (27 Oktober 2015).
Pujawan, G.N. 2005. Implementasi Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode PQ4R Berbantuan LKS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Vol. 38, 774-792. [Online]. http://pasca.undiksha.ac.id/images/img_item/803.doc. (2 November 2015).
Rahman, R. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Concept Siswa. Tesis. Bandung: UPI.
Sadewi, A. 2012. Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, Vol. 1 (2), 7-12. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk. (16 Juni 2016).
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Santrock, J. W. 2004. Educational Psychology, 2nd Edition. Boston: McGraw-Hill Company, Inc.
Zimmerman, B. J. 1989. A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, Vol. 81, (3), 329-339. [Online]. http://anitacrawley.net/Articles/ZimmermanSocCog.pdf. (17 April 2015).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.