EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Rita Asiah, Tina Yunarti, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of contextual approach in terms of students understanding of mathematical concept. The design which was used was post-test only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School of Tri Sukses Natar Lampung Selatan in academic year of 2015/2016. The purposive random sampling technique was used to take two classes as the research samples. The data of this research were obtained by test of understanding of mathematical concepts. Based on the result and discussion, it could be concluded that contextual approach was effective in terms of students understanding of mathematical concept.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik purposive random sampling digunakan untuk mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, pendekatan kontekstual


Full Text:

PDF

References


Akmil, A. R. 2012. Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA. Padang: UNP.

Burhan, Cep. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Thesis. Bandung: UPI.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Ruddock, G.J., OSullivan, C.Y., & Preuschoff, C. 2012. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Amsterdam: The International Association for The Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.