PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY

Fitria Lestari, Sri Hastuti Noer, Asmiati Asmiati

Abstract


This research development aimed to develop of problem based worksheet for increasing mathematical communication ability and students self efficacy. This study was initiated with preliminary studies (need anaysis), the composing, the validation, the initial trial period and the field trial of worksheet. The subject of this research was students of VIII D class of MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The result of preliminary study indicated that there was a need to develop problem based worksheet. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standard qualification for its content and design. The field trial results showed that students mathematical communication aspect was good enough because more than 75 % of the students have reached minimum criteria and students self efficacy did not show any significant changes.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis masalah. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa aspek komunikasi matematis siswa cukup baik karena lebih dari 75% siswa telah memenuh kriteria ketuntasan minimal dan self efficacy siswa belum menunjukan perubahan yang signifikan.

Kata kunci: LKPD berbasis masalah, komunikasi matematis,self efficacy

Full Text:

PDF

References


Anita, N. M. Y., Karyasa, I. W., Tika, I. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3, No. 4. [Online]. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/800/585. (16 Juni 2016).

Ansari, B. I. 2009. Komunikasi Matematik: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PENA.

Baroody, A. J. 1993.Problem Solving, Reasoning, and Communicating K-8: Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

Devita, R. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Unila, Vol. 1 (7). [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/2274. (20 Juli 2016).

Kartika, E. 2015. Analisis Self Efficacy Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Kontekstual. Jurnal FKIP Unila, Vol. 1, No. 5. [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article./download/9894. (18 April 2016).

Khassanah, U. 2015. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal UMS Vol. 1, No. 9. [Online]. http://ums.ac.id.pdf. (18 April 2016).

La Moma. 2004. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Pengukuran Panjang. Jurnal MIPA Vol. 14, No. 1. [Online]. http://eprints.ums.ac.id/pdf. (15 Mei 2016).

Marlina. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy Siswa SMP dengan menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 1. [online]. http://eprints.ums.ac.id. (15 Mei 2016).

Noer, S. H. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012. UNY. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/10098/. (15 Mei 2016).

Rahman, R. 2012. Hubungan antara Self Efficacy terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 01, No. 01. [Online]. http://journalstkipsiliwangi.ac.id. (15 Agustus 2016).

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja G. J.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadewi, A. 2012. Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui layanan Penguasaan Konten Teknik Modelling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and counseling Theory and Application Vol. 1 (2) 7-12. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk. (16 Juni 2016).

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. W. 2004. Educational Psychology, 2nd Edition. New York: McGraw-Hill Company. Inc.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. 2011. Analislis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Think Talk Write (TTW) Peserta Didik SMPN 1 Manyar Gresik. [Online]. http://digilib.upi.edu. (18 September 2016).

Syukria. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Habits of Mind Mahasiswa pada Materi Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd Warshall. Jurnal Peluang Vol. 1, No. 2. [Online]. http://jurnal.unsyiah.ac.id. (16 Juni 2016).

Yoga, M. 2014. Kontribusi Self Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 1, No. 7, Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Online]. http://ums.ac.id. (11 April 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.