PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS IRISAN KERUCUT UNTUK MEMFASILITASI DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Herry Sulistiyanti, Sri Hastuti Noer, Tina Yunarti

Abstract


The research aimed to develop conic didactical design that was able to reduce the learning obstacle and find out the results of its implementation in terms of students disposition of mathematical. The Learning obstacle means that the learning difficulties experienced by students when studying conic sections. The subject of this research was students of XIth grade for specialisation Mathematics and Natural Sciences program at SMAN 1 Kalirejo Central Lampung in academic years of 2015/2016. The data collection techniques used triangulation of observation, interviews, documentation and questionnaires. The results showed that the conic didactical design able to facilitate mathematical disposition and reduce the learning obstacles that exist. The analysis of the student's response and findings during implementation used for a basis of further improvement of the didactical design.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis irisan kerucutyang mampu mengurangi hambatan belajar dan mengetahui hasil implementasinya ditinjau daridisposisi matematis siswa. Adapun hambatan belajar yang dimaksud adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat mempelajari konsep irisan kerucut. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI program peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam di SMAN 1 Kalirejo Lampung Tengah tahunpelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis irisan kerucut mampu memfasilitasi munculnya disposisi matematis siswa dan mengurangi hambatan belajar yang ada. Analisis terhadap respon siswa dan temuan-temuan selama implementasi dijadikan landasan untuk perbaikan desain didaktis irisan kerucut selanjutnya.

Kata kunci: desain didaktis, disposisi matematis, irisan kerucut


Full Text:

PDF

References


Aydin, N., Halat, E., Jakubowski, E. 2008. Reform-based Curriculum and Motivation in Geometry. Eurasia Journal of Mathematics, Sciences & Technology Education, Vol. 4, No. 3. 285-292. [Online]. http://www.iserjournals.com/journal/eurasia/download/10.12973/eurasia.2008.00107a. (15 April 2015).

Joseph, Y. 2011. An Exploratory Study of Primary Two Pupils Approach to Solve Word Problem. Journal of Mathematics Education Vol. 4, No. 1. pp. xxx-xx. [Online]. http://ducationforatoz.com/images/Yeo_Kai_Kow_Joseph.pdf. (02 April 2015).

Kasmadi. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Lim, KH., Morera, OM., dan Tchoshanov, M. 2009. Assessing Problem Solving Dispositions: Likelihood to Act Survey. Vol. 5, Hal. 699708. Proceedings of the 31st Annual Meeting of The North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Atlanta, GA: Georgia State University. [Online]. https://works.bepress.com/kien_lim/14/download/. (15 Maret 2015).

Muslich, M. 2008. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. [Online]. http://www.mathcurriculumcenter.org. (15 Maret 2015).

Noer, Sri H. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/12307/1/M_Pend_30_Sri%20Hastuti.pdf. (15 Mei 2015).

Pratiwi, A., Santoso, B., dan Mulyono, B. 2015. Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (GI) di SMA Negeri 18 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Sriwijaya. [Online]. https://anggriaseptianimulbasari.files.wordpress.com/2015/08/part-6-333-432.pdf. (23 Agustus 2015).

Rahayu, R., dan Kartono. 2014. The Effect of Mathematical Disposition Toward Problem Solving Ability Based on Ideal Problem Solver. International Journal of Science and Research. Vol. 3, Issue 10.

Roskawati, Ikhsan, M., dan Juandi, D. 2015. Analisis Penguasaan Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Geometri. Jurnal Didaktik Matematik Vol. 2, No. 1. ISSN: 2355-4185. [Online]. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2387. (23 Juni 2016).

Rosmalia, Neng Lia. 2015. Desain Didaktis Luas Permukaan dan Volum Limas Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Tesis.[Online]. http://repository.upi.edu/18752/. (5 Maret 2016).

Sofyana, AU., dan Budiarto, MT. 2012. Profil Keterampilan Geometri Siswa SMP dalam memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Level Perkembangan Berpikir Van Hiele. e-Journal UNESA. MATHEdunesa. Vol. 2 No. 1. FMIPA Universitas Negeri Surabaya. [Online]. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1220. (12 Agustus 2015).

Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Invinity. Vol. 2, No. 2, Hal. 156-168. Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. [Online]. http://ejournalstkipsiliwangi.ac.id. (4 Mei 2015).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, S. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2, No. 3, Hal. 278-289. STKIP Siliwangi Bandung. [Online]. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/viewFile/.../150. (24 Januari 2016).

Sulistyaningsih, D. dan Prihaswati, M. 2015. Pembelajaran Matematika dengan Model REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Materi Dimensi Tiga Kelas X. JKPM, Vol. 2, No. 2. Unimus. [Online]. http://jurnal.unimus.ac.id. (24 Mei 2015).

Sumarmo, Utari. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. [online]. http://www.academia.edu/10346582. (13 Mei 2015).

Suparyan. 2007. Kajian Kemampuan Keruangan (Spatial Abilities) dan Kemampuan Penguasaan Materi Geometri Ruang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang. Tesis. [Online]. http://lib.unnes.ac.id/16957/1/4101504005.pdf. (25 Mei 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.