EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of problem based learning model in terms of studentscritical thinking ability and self confidence. This research used posttest only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017. Through purposive and random sampling technique, 2 classes were taken as the samples. Based on the result of research, it was concluded that problem based learning model was effective in terms of students critical thinking ability and self confidence.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik gabungan yaitu teknik purposive dan random sampling, 2 kelas diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa.
Kata kunci: berpikir kritis, problem based learning, self confidence
Full Text:
PDFReferences
Bharata dan Fristadi. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika UNY 2015. [Online]. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf. (20 September 2016).
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Ennis, Robert H. 1991. Critical Thinking: Astreamlined Conception. Illinois University of Illinois. [Online]. http://faculty.education.Illinois.edu/rhennis/documents/EnnisStreamlinedConception_000.pdf. (20 September 2016).
Ghufron, Nur dan Rini R.S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Hartati dan Hayat Sholihin. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 ITB. [Online]. http://portal.fi.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_risa_hartati_d0192fda0be14ba6c9353cf6e82ce612.pdf. (8 Januari 2017).
Kartini, Iin. 2016. Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Tesis. Pendidikan Matematika UNPAS.
Lestari, Nartini. 2016. Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Pohon Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Penelitian UNNES Vol 5 No 1.
Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [Online]. http://oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf. (15 September 2016).
Siregar, Indra. 2011. Menerapkan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model-Eliciting Activites untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa SMP. Jurnal Penelitian FMIPA UM.
Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No 1.
Syaifatunnisa, Istasari. 2015. Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol. 3, No 4. [Online]. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.phhp/MTK/article/view/9033/5696. (20 Januari 2017).
Tabrani, R. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil BelajarMatematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. http://p4tkmatematika.org. (20 September 2016).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.