PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE
Abstract
This quasi-experimental research aimed to find out the influence of Team Quiz learning towards students mathematical critical thinking skills and self confidence. This research used posttest only control group design with population was all students of grade VIII of SMPN 5 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016. Through cluster random sampling technique, two classes were chosen as samples. The conclusion of this research was Team Quiz learning did not affect the mathematical critical thinking skils and self confidence of students. However, the mathematical critical thinking skills of students who taught by Team Quiz was higher than the critical thinking skills of students who taught by conventional learning.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Team Quiz terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Melalui teknik cluster random sampling, dua kelas diambil sebagai sampel. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Team Quiz tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa. Namun, kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Team Quiz lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: berpikir kritis matematis, self confidence, team quiz
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, P. S. W. 2014. Penerapan Pembelajaran Aktif Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi Universits Jember. [Online]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63734.(16 Februari 2017)
Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Haryani, Resti. 2012. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa di jurusan Pendidikan Matematika UNY. ISBN: 978-979-16353-8-7, P-17, M-165-174.
Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. International Association for The Evaluation of Educational Achievement. Herengracht 487, Amsterdam, 1017 BT, The Netherlands.
Nuraeni, Reni. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self-Confidence Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu/15579/5/T_IPA_1201376_Chapter4.pdf. (16 Februari 2017).
OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [Online]. http://oecd.org. (19 April 2016).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Pratiwi, W. Yamtinah, S., & Redjeki, T. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI IPA 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 46-54.
Rosnawati, P. 2012. Berpikir kritis Melalui Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pembelajaran Karakter Siswa. Prosiding diresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Sanatha Darma.
Sadia, I Wayan. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKHSA, No.c2 Tahun XXXXI. April 2008. Halaman 2019-238.
Siahaan, F. B. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Type Quiz Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP UHN Volume 1(1), 35-45, September 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Walker, S. E. 2003. Active Learning Strategies to Promote Critical Thinking. Journal of Athletic Training, 38(3), 263.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.