PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Muhammad Iqbal, Sugeng Sutiarso, Tina Yunarti

Abstract


This research aimed to develop the students worksheet by contextual approach and find out its effectiveness in term of students mathematical conceptual understanding. The subject of this research was students of Xth grade at SMAN 1 Kedondong Pesawaran in academic years of 2015/2016. The research and development followed steps of Borg & Gall. The data collection techniques used students worksheet and test. The results of research showed that the students worksheet able to facilitate conceptual understanding of logical mathematics and students had achieved minimum criteria of mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan pendekatan kontekstual dan mengetahui keefektifannya ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedondong, Pesawaran, tahun akademik 2015/2016. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti langkah-langkah Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mampu memfasilitasi pemahaman konsep logika matematika dan siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam pemahaman konsep matematika.

Kata kunci
: LKPD kontekstual, logika matematika, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Borg & Gall. 2008. Education Research: An Introduction. London: Longman Inc.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Devy, Retnosari. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2013 Universitas Negeri Semarang. November2013. [Online]. http://jurnal.bullmath.org/index.php/Simantap/article/download/37/40. (02 Januari 2017).

Fitri, Amalia. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Karakter dengan pendekatan Kontekstual. Jurnal PP Vol. 1, No. 2, ISSN 2089-3639. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1540. (02 Januari 2017).

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist No. 1, Vol. 1, Universitas Pendidikan Indonesia. Januari 2007. [Online]. http://file.upi.edu/Direktori/Jurnal/Educationist/Vol.INo.1Januari_2007/6.Tatang_Herman.pdf. (02 Januari 2017).

Jemmi, Andrian. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal PP Vol. 1, No. 2, ISSN 2079-3659. [Online]. http://journal.uny.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/150. (02 Januari 2017).

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Karim, Asru. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2011 Universitas Almuslim. November 2011. [Online]. http://jurnal.butmath.org/index.php/Simantap/article/download/3740. (02 Januari 2017).

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Olteanu, Lucian. 2014. Construction of Tasks in Order to Develop and Promote Classroom Communication in Mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. [Online]. http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.956824. (29 January 2015).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.