EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Abstract
This research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of think pair share in terms of the students mathematical reasoning skill. The population of this research was all students of grade eighth of Junior High School 1 Seputih Mataram in academic year of 2016/2017 as many as 180 students that were distributed into five classes. The samples of this research were students of VIIIB dan VIIIC class which were chosen by cluster random sampling. This research used pretest-posttest control group design. Based on the result of research, it was concluded that the implementation of cooperative learning of think pair share wasnt effective in terms of students mathematical reasoning skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 180 siswa yang berdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitan ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, penalaran matematis, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Alma,Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. [Online] http://repo.iaintulungagung.ac.id/2764/2/BAB%20II.pdf. (23 November 2016).
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cetak Ke-4. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2002. Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad Ke-21. Jakarta: Depdiknas.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Keraf, Gorys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.
Suriasumantri, Jujun S. 2007. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. [Online] http://ejournal.unesa.ac.id/article/2359/30/article.pdf. (23 Januari 2016).
TIMSS. 2011. Internasional Results in Mathematics. [Online] http://timssand pirls.bc.edu. (22 Januari 2016).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.