PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Devi Putri Permatasari, Pentatito Gunowibowo, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of reciprocal teaching model towards the incrasing of students mathematical communication skill. The population of this research was all students of eight grade of SMPN 3 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into 10 classes. The samples of this research were students of VIII-F and VIII-G classes which were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control group design. Based on the result of research, it was concluded that the reciprocal teaching model affects towards the incrasing of students mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-F dan VIII-G yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, reciprocal teaching


Full Text:

PDF

References


Ansari, Bansu Irianto. 2004. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi. Bandung: UPI.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: BP Dharma Bakti.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Haryadi, Rahman. Eksperimentasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 2, No. 8. [Online]. http://jurnal.fkip.uns. ac.id. (25 September 2016).

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

OECD. 2013. PISA 2012 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self-Beliefs Volume III. Paris: PISA, OECD Publishing.

Putri, Runtyani Irjayanti. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Yogyakarta. Skripsi. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/2181/1/SKRIPSI_RUNTYANI._IP.pdf. (13 April 2016).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.