EFEKTIVITAS ALQURAN TEACHING MODEL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP PERTIDAKSAMAAN SISWA

Awit Febriansari, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of alquran teaching model in terms of students conceptual understanding of mathematics. This research used posttest only control group design. The population of this research was all students of grade X of SMA IT Ar-Raihan Bandar Lampung in academic year of 2016/2017. Through total sampling technique, 2 classes were taken as the samples. Based on the result of research, it was concluded that alquran teaching model was effective in terms of students conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas alquran teaching model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA IT Ar-Raihan Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik sampling jenuh2 kelas diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa alquran teaching model efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: alquran teaching model, efektivitas, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Cellilo, Jerry. 2016. Acknowledgement in the Classroom. [Online]. http://oncourseworkshop.com. [25 September 2016].

Fatimah, Fatia. 2012.Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16, No. 1, [Online]. http://download.portalgaruda.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=. [25 September 2016].

Firmansyah. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mullis. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Nursalam. 2000. Metodologi Riset Keperawatan. [Online]. http://dokumen.tips/documents/tujuandanmanfaatliteraturdoc.html. [25 September 2016].

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics,Science, & Education National Conference (MSENCo). Bandarlampung: IAIN Raden Intan Bandarlampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.