EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ni Wayan Septi Sadevi, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This research aimed to find out of effectiveness of the open ended approach in terms of students mathematical problem solving skill. This research used one group pretest and posttest design. The population of this research was all students of grade X Science in Senior High School 1 Rumbia in academic year of 2016/2017 that were distributed into 4 classes. The sample of this research was students of X Science 2 class which was chosen by purposive sampling technique. The result of this research showed that the open ended approach was effective in terms of students mathematical problem solving skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan open ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Rumbia tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan open ended efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis, open ended


Full Text:

PDF

References


Ain, Trise Nurul. 2013. Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Tekanan Hidrostatis. Surabaya: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 02, No. 02. [Online]. http://ejournal.unesa.ac.id (15 Januari 2017).

Alhadad, Syarifah Fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu/9500 (18 Januari 2017).

Becker, J. P. dan Shimada, S. I997. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Depdiknas. 2003. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Diana, Lelly. 2016. Efektivitas Pembelajaran Discovery Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan masalah Matematis dan Self Confidence. Skripsi. Bandar Lampung: Universias Lampung.

Kurniati, Lenny. 2017. Pembelajaran Kontekstual Open Ended Problem Solving dengan Komik Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Semarang. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran, Vol. 01, No. 01, Halaman 34-40. [Online]. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/mate-matika/article/view/463/460. (17 Januari 2017).

Lambertus. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Kendiri. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Haluoleo, Vol. 4, No. 1. [Online]. http://118.97.35.250/lemlit/jtt/220. (23 Januari 2017).

Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 2, Halaman 136-139. [Online]. http://ebook-browsee.net/08-effie-efrida-mukhlis-pdf-d546737217. (17 Ja-nuari 2017).

Mullis, I.V.S., Martin, M. O., Arora, A., & Foy, P. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads.T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (20 Oktober 2016).

NCTM. 1989. Curiculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Virginia: The NCTM Inc. [Online]. http://www.nctm.org. (4 Oktober 2016).

Nurdalilah, Syahputra E., dan Armanto, D. 2010. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Vol. 6, No. 2, Halaman 109-119. [Online]. http://digilib.unimed.ac.id. (17 oktober 2016).

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-resultsovervi-ew.pdf. [20 Oktober 2016].

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Zulkarnaen, Rafiq. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa SMA melalui Pendekatan Open Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu/9500/ (18 Januari 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.